Kerajinan Buah Buling Khas Belitung

0 249

Kerajinan Buah Buling Khas Belitung

Pohon bulin atau ulin atau disebut juga kayu besi cukup terkenal karena sering digunakan sebagai bahan bangunan seperti konstruksi rumah, jembatan dan perkapalan. Namun siapa sangka buah dari pohon yang bernama latin Eusideroxylon zwageri ini juga bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan.

Kerajinan buah bulin itu dikembangkan oleh pemuda Desa Aik Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung salah satunya Surani yang tergabung dalam organisasi Aik Selumar (Arsel) Community. Mereka mengembangkan buah bulin menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan.

Diantara berbentuk sepeda ontel mini, asbak, tempat pena, gantungan kunci, miniatur kapal Dewa Ruci, dan miniatur hewan seperti kodok, ayam, dan ular. Kerajinan itu dibuat secara manual dengan menggunakan pisau ukir. Sedangkan sentuhan akhirnya diberikan polesan cat dengan menggunakan kuas.

Harga kerajinan buah bulin bervariasi mulai dari Rp 5 ribu-250 ribu per buah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.

“Kami pernah ikut pameran kerajinan di Bali dan Jogja, ternyata dari sekian banyak pengrajin dari seluruh Indonesia, hanya kita yang mengembangkan kerajinan buah bulin, ada yang dari kalimantan tapi itu pohon bulin yang sudah jadi batu dan digunakan sebagai mata cincin,” ungkap Adong ketua Arsel Community.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/lifestyle/2011/05/27/kerajinan-buah-bulin-kerajinan-khas-belitung
Comments
Loading...