Kerajinan Bubut Kayu Cicantayan Di Sukabumi

0 304

Kerajinan Bubut Kayu Cicantayan Di Sukabumi

Pengrajin bubut Kayu Cicantayan yang terus bertahan dan berproduksi menghasilkan produk yang patut diperhitungkan. Namun, bagaimana dukungan pemerintah terhadap kegiatan ekonomi kerakyatan tersebut?

Sesungguhnya, begitu banyak masyarakat Sukabumi yang hidup dari usaha secara mandiri. Mereka menghasilkan produk yang sangat beraneka ragam, mulai dari golongan layangan, gagang samurai, stik drum, Toys Kayu sampai kerajian kelas Export.

Kalau dipikir-pikir, usaha yang mereka masih dapat dikembangkan lagi. Konsepnya setiap rumah membuat olahan kerajinan dengan pesanan yang berbeda sesuai permintaan dari pemesan. Sehingga, ekonomi dalam satu kampung terus berdaya dan masyarakat terus bergerak memperoleh keuntungan. Lanjar adalah salah satu pengrajinnya.

Jenis usaha dari masyarakat Sukabumi, ada yang dikembangkan secara home industry dengan pola mengumpulkan para pekerja disatu tempat dan skala level pemesanan kerajinan dengan skala Partai Besar. Potensi sumber penghasilannya berbeda-beda.

Kalau pemerintah daerah mau, sumber kekuatan ekonomi tersebut bisa dikembangkan lagi dan berdampak positif bagi masyarakat kampung.

Daerah Sukaraja pun sangat dikenal dengan olahan Tanduknya. Ciracap dengan olahan Marqisanya, Pasekon dengan olahan opak Jampangnya. Salabintana dengan olahan Nanasnya dan masiiiih banyaaaaak olahan lainya yg dihasilkan dari setiap kampung dan desa dalam kecamatan yang berbeda.

Namun, semua kembali lagi kepada kepedulian semua pihak. Dulu sempat di Gaungkan oleh Pemerintah Daerah dengan tema “One Village One Product”.

Source https://www.sabumiku.com https://www.sabumiku.com/wisata-sukabumi/potensi-pengrajin-bubut-kayu-cicantayan-sukabumi/
Comments
Loading...