Kerajinan Buku Tulis Dari Daur Ulang Sampah Di Kaliasin

0 156

Kerajinan Buku Tulis Dari Daur Ulang Sampah Di Kaliasin

Siswa sekolah dasar di Kota Surabaya sukses menciptakan buku tulis berbahan dasar limbah kertas atau sampah koran. Daur ulang sampah ini merupakan progam sekolah untuk meningkatkan sadar lingkungan kepada para siswa, sekaligus mengasah jiwa wirausaha sejak dini.

Suasana kesibukan, sekelompok siswa salah satu SD Negeri di Surabaya, yang sibuk bergelut dengan kertas limbah. Mereka adalah siswa kreatif yang membuat buku tulis dari daur ulang koran bekas.
Berbekal peralatan sederhana dan koran bekas, pembuatan buku tulis daur ulang ini diawali dengan kertas koran dipotong kecil dan diblender bersama air, hingga menjadi adonan bubur kertas. Lalu adonan bubur kertas disaring menggunakan alat screen frame.
Usai adonan terbentuk, cetakan ditekan untuk memisahkan sisa air dan kertas. Terakhir, dijemur selama beberapa jam hingga kering.

Selain limbah koran, desain sampul dibuat dari limbah sampah organik, termasuk potongan bonggol bawang sebagai pemanis sampul. Dalam satu bulan, kelompok siswa SDN Kaliasin ini mampu memproduksi 50 buah buku sendiri. Ini diungkapkan oleh Syahrul Maulana Rizky, siswa SDN Kaliasin 1 Surabaya.
Karya inovatif siswa ini tak luput dari peran sekolah, progam Eco-Preneurship yang diterapkan berhasil merangsang ide kreatif para siswa, untuk peduli lingkungan bersih di sekitar sekolah, serta mengasah keberanian berwirausaha sejak dini.
“Hasil karya anak yang dihasilkan dari limbah tidak hanya kertas aja, kami sudah punya wadah yang namanya Eco Prener. Ini sendiri sudah bergerak untuk belajar berwirausaha. Mereka setiap bulan, bahkan setiap minggu mengadakan kegiatan penjualan produk di bengkel kerjanya,” tutur Kepala Sekolah SDN 1 Kaliasin, Sujilah.
Beragam karya kreatif dan inovatif para siswa ini, berhasil mendapatkan penghargaan nasional Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup RI tahun 2016 lalu.
Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=41525&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=Metropolis&&keyjdl=Daur%20Ulang%20Sampah
Comments
Loading...