Kerajinan Bulu Khas Indian Di Blitar

0 345

Kerajinan Bulu Khas Indian Di Blitar

Miftakhul Rohman  asal dari Desa Jiwut Kaupaten Blitar  yang sempat merantau ke Pulau Dewata Bali itu rupanya  kini ia kembali dengan membuka lapangan kerja baru bagi warga desa. Kerajinan khas Indian berbahan baku bulu ayam dan burung yang digagasnya, mampu menggairahkan semangat warga desa untuk berkarya.

Jika kita berkunjung ke Desa Jiwut, akan menjumpai pemandangan menarik. Sebuah sanggar mungil berukuran 6 x 6 meter diwarnai kesibukan perempuan desa dan remaja putri tengah sibuk menyusun bulu-bulu ayam dan burung menjadi hiasan menarik. Semuanya khas Indian. Ada gantungan kunci, Topeng Indian (Indian Face), Maket Rumah Indian (Tipi), topi, tas, pipa rokok dan hiasan dinding mempesona.

Sejak awal 2000 lalu, usaha kerajinan itu dibawa pulang kampung. Menurut Miftah dengan memproduksi kerajinan khas Indian tersebut di desanya, biaya produksi akan lebih murah. Pasalnya, bahan baku untuk kerajinan ini seperti bulu ayam, itik, mentok, burung mutiara dan kayu cukup melimpah dan mudah didapat didesanya. Hanya bulu ayam kalkun yang susah dicari.

Namun Mifta mengaku dalam persaingan usaha masih perlu banyak penyempurnaan dan pembenahan. Apalagi pasarnya adalah wisatawan asing. Seperti finishing, pengepakan, control mutu serta manajemen usaha perlu lebih ditata. Meski demikian usaha Mifta telah memberikan peluang kerja sebanyak 32 pekerja ibu-ibu dan remaja putri didesa.

Sudah sering kali kerajinan produk khas bulu India dari Desa Jiwut Kabupaten Blitar ini mengikuti pameran  yang di prakarsai oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar seperti dikota Blitar, Malang, Surabaya dankota lain di Indonesia. Dengantujuan agar masyarakat tahu dan bangga tentang kasil karya anak bangsa dan mencintai produk-produk Indonesia.

Hasil kerajinan khas bulu India ini sangat di gemari oleh masyarakat lokal sampai mancanegara terutama wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia antara lain Australia, Inggris, Amerika dan banyak lagi Negara yang meminati kerajinan ini.

Saat ditemui di rumahnya MiftakhulRohmanmengatakan” Saya menggeluti usaha ini sudah sejak tahun 2000, walaupun banyak kendala dalam perjalanan namun dengan ketekunan dan ketlatenan akhirnya saya mampu mengatasinya . Sekarang saya juga sedang menggembangkan usaha kerajinan mebeler dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar, hari ini tinggal memetik buah hasil jerih payah yang selama ini saya kerjakan,” tandasnya.

Source http://tabloidlintaspena.blogspot.co.id http://tabloidlintaspena.blogspot.co.id/2016/11/kerajinan-bulu-khas-indian-dari-desa.html
Comments
Loading...