Kerajinan Bulu Mata Palsu Di Majalengka

0 198

Kerajinan Bulu Mata Palsu Di Majalengka

Baru-baru ini telah dibuka pelatihan kerja yang berpeluang untuk menghasilkan rupiah khususnya bagi para wanita yaitu pembuatan bulu mata palsu yang bertempat di Desa Karangsambung Kecamatan Kadipaten.

Pelatihan yang sangat direspon oleh kaum wanita ini terutama remaja disambut baik karena berpeluang memberi kegiatan yang nantinya bisa dijadikan sebuah pekerjaan bagi mereka. Saat ini jumlah peserta sudah mencapai 120 orang wanita yang tercatat walaupun dalam kenyataannya masih bersifat tidak tetap atau keluar masuk.

Menurut Asep Rudiana selaku koordinator dalam pelatihan tersebut mengatakan bahwa saat ini masih dalam tahap pelatihan pada mereka, karena dalam pembuatan bulu mata palsu ini dibutuhkan keterampilan dan kesabaran mengingat bahan yang dipakai cukup kecil seperti bahan bulu mata yang berasal dari rambut Srilangka dan rambut sintetis yang sangat halus, terangnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan jika para peserta sudah terbilang mahir maka prospek ke depan bisa menjadi home industri atau dibuatkan pabrik jika perkembangannya cukup signifikan. Hal ini bisa mengikuti Kabupaten lain yang sudah dulu ada seperti Kabupaten Garut dan Ciamis.

Masih menurutnya bahwa hasil produk bulu mata palsu ini nantinya akan diekspor keluar negeri seperti Korea dan Amerika seperti yang telah berjalan saat ini. Adapun pelatihan saat ini hanya baru pembuatan bulu mata palsu untuk boneka belum ke jenis untuk manusia, imbuhnya.

Walaupun saat ini sifatnya masih pelatihan namun hasil kerja dari peserta akan dibeli oleh pihak penyelenggara pelatihan. Para peserta umumnya berasal dari desa tersebut dan juga desa sekitar seperti Desa Kadipaten, Gandu, Genteng dan juga Ranji ini sangat memberi peluang pada mereka yang masih mencari pekerjaan.

Pelatihan pembuatan bulu mata ini juga didampingi oleh seorang tenaga instruktur yang akan memberikan pengarahan kepada mereka agar bisa mahir dalam pembuatan bulumata palsu nantinya. Saat ini pihak penyelenggara juga masih membuka bagi lowongan bagi mereka kaum wanita yang siap bergabung dalam pelatihan tersebut karena pihakpenyelenggara menarget sekitar 300 peserta.

Daryati optimis mengikuti pelatihan pembuatan bulu mata palsu ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan nantinya, mengingat diKabupaten Majalengka bisnis ini belum tersentuh.

“Kita lihat saja perkembangan selama 3 bulan ini, jika memang perkembangannya bagus maka pihak kami akan melangkah lebih jauh lagi yaitu untukmendirikan pabrik bulu mata palsu, harapnya”.

Tentu saja hal ini harus didukung oleh semua pihak termasuk pemeritah dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Majalengka.

Source http://suaramajalengka.blogspot.co.id http://suaramajalengka.blogspot.co.id/2011/02/prospek-pengrajin-bulu-mata-palsu.html
Comments
Loading...