Kerajinan Bunga Bunga Cantik Dari Kota Banjarbaru

0 127

Kerajinan Bunga Bunga Cantik Dari Kota Banjarbaru

Siapa sangka kulit jagung, botol bekas, limbah pelastik dan limbah kayu bagi kebanyakan orang hanya menjadi limbah tak bermanfaat bisa bernilai seni tinggi. Limbah-limbah itu ternyata disulap menjadi bunga-bunga cantik bisa bernilai rupiah yang tak sedikit.

Dari tangan Yana (51), limbah-limbah itu malah bisa ‘diuangkan’, pedagang bunga kerajinan tangan tersebut ketika ditemui Kanalkalimantan.com di kawasan kantor Gubernur Kalsel jalan Aneka Tambang, Cempaka, Kota Banjarbaru.

Sudah setahun belakangan Yana mengeluti usaha barang limbah itu. “Sebenarnya ide tersebut awalnya dari suami, senang memanfaatkan benda-benda bekas seperti bekas potongan kayu, botol minum, kulit jagung, potongan bambu, dan kulit pohon kelapa mejadi hiasan pajangan di rumah. Ternyata banyak yang tanya dan minta dibikinkan, dari situlah mulai terpikir untuk dijual dan ternyata lumayan menghasilkan,” ujar Yana.

Dari ide sang suami itu lah, dalam sepakan Yana mengaku dapat membuat sekitar 15-20 pcs bunga cantik. Untuk harga jual lumayan terjangkau, 1 pcs dekorasi bunga cantik dibanderol dari Rp 15.00 hingga Rp 140.000. Hasil produk tangan itu hanya dijual sekali dalam sepekan, yakni pagi dari pukul 06.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita di halaman kantor Gubernur Kalsel.

Yana menambahan usaha ini sebenarnya hanya sampingan, sehari-harinya ia bekerja di salah satu koperasi di Banjarbaru. Melihat peluang kerajinan tangan ini menjanjikan, ia jutsru ketagihan untuk terus menggelutinya.

Sekali dalam sepekan ketika Yana buka lapak di muka kantor Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini, ia mengaku dapat merau omset kurang lebih sekitar Rp 500 ribu.

Kedepan Yana mengatakan, akan mencoba bekerjasama dengan koperasi-koperasi kerajinan tangan yang sekarang masih dalam proses. Upaya menjual secara online juga dilakukannya.

Putra Ardian, seorang pembeli bunga kerajinan tangan kepada Kanal Kalimantan mengatakan, hasil kerajinan tangan milik Yana itu terbilang unik. “Dijamin original dan hand made tentunya menarik dipajang di ruang tamu, harganya juga murah tidak menguras dompet saya,” ungkapnya.

Source https://www.kanalkalimantan.com https://www.kanalkalimantan.com/dari-bahan-limbah-bunga-bunga-cantik-ini-hasilkan-rupiah/
Comments
Loading...