Kerajinan Bunga Dari Bambu Karya Siswa SMA Di Jatitujuh

0 146

Kerajinan Bunga Dari Bambu Karya Siswa SMA Di Jatitujuh

Bambu tak hanya digunakan untuk membuat layang-layang atau hanya dijadikan alat pelengkap ketika membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya. Di tangan para siswa-siswa kreatif ini, bambu dapat menjadi kerajinan yang unik.

Seperti halnya yang dilakukan beberapa siswa di SMAN 1 Jatitujuh seperti Arif Hidayat dan Ira Nurfadilah, siswa kelas XI. Dengan bahan baku potongan bambu, mereka merangkai menjadi kerajinan tangan berupa wayang dan bunga.

“Kalau wayang ini proses pembuatannya butuh waktu 8 jam. Bambu dipotong dari ukuran agak panjang ke yang lebih pendek,” kata Arif.

Berbeda dengan Arif, Siswa lain seperti Ira menyulap bambu jadi miniatur bunga. Pembuatan miniatur yang membutuhkan waktu hampir sehari itu memanfaatkan bambu yang sudah dipotong dan dibelah tipis seukuran tusuk sate, kemudian dirangkai hingga menyerupai bunga. Adapun tangkainya menggunakan tangkai bambu yang masih muda.

“Proses pembuatan memang agak lama karena memang baru kali pertama. Miniatur bunga sengaja dibuat untuk menjadi hiasan yang disukai oleh kebanyakan remaja putri,” ujar Ira.

Sementara pembimbing mereka di sanggar konser kampung, Ketut Aminudin memaparkan dirinya tidak menyangka jika kedua siswa mampu berkreasi seperti itu. Bahkan karya siswa sebetulnya sudah layak jual. Hal itu sesuai dengan apa yang diharapkan, yakni selalu kreatif untuk menjawab tantangan masa depan.

“Bahan baku bambu memang sengaja dipilih lantaran belum banyak perajin yang memanfaatkannya. Padahal bambu banyak ditemukan dan relatif lebih mudah untuk disulap menjadi kerajinan yang indah, bahkan layak jual,” ujarnya.

Source http://www.radarcirebon.com http://www.radarcirebon.com/siswa-sman-1-jatitujuh-ubah-bambu-jadi-bunga.html
Comments
Loading...