Kerajinan Bunga Dari Botol Karya Mahasiswa UGL Di Aceh

0 242

Kerajinan Bunga Dari Botol Karya Mahasiswa UGL Di Aceh

Sejumlah mahasiswi Universitas Gunung Leuser (UGL) beserta warga Desa Lawe Loning Aman, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara, meracik bunga dari botol mineral. Mereka mengumpulkan sisa botol air mineral berukuran kecil yang terbuang kemudian diracik menjadi bunga plastik yang indah. Harganya mencapai Rp 500.000/batang.

Nur Azizah, Sri Rejeki Novia, dan Rezekiati pengrajin bunga plastik di desanya mengatakan, mereka sejak sebulan ini mulai meracik bunga dari botol mineral (plastik). Untuk membuat setiap jenis bunga mawar, matahari, kembang sepatu, dan teratai dari botol mineral itu, mereka membutuhkan 80 biji botol kosong air mineral.

Cara membuat bunga itu adalah botol mineral digunting menjadi lima bagian, kemudian dibentuk seperti bunga yang kita inginkan. Selanjutnya, tangkainya dibuat dari kawat kecil dan ranting. Dahan bunga itu terbuat dari bahan baku batang asam atau batang jambu delima.

Untuk membuat satu batang bunga butuh waktu selama tiga hari, karena ranting bunga yang dibuat membutuhkan waktu selama sehari setelah dikelupas lalu dijemur, dan selanjutnya dicat dengan cat minyak. Sedangkan daunnya dibeli di pasar hanya sekitar Rp 65.000. Untuk membuat setiap bunga mereka memerlukan modal mencapai Rp 100.000/batang.

Menurut Nur Azizah, selain kuliah dirinya juga menyisihkan waktu bekerja membuat bunga dari botol mineral. Hasil kerajinan tangannya itu sangat membantu untuk biaya kuliahnya, apalagi dia bersalal dari keluarga tidak mampu.

Menurutnya, kendala yang mereka hadapi adalah kurangnya modal usaha. Untuk itu Pemkab Agara diharapkan dapat memberikan bantuan modal usaha kepada mereka sebagai pengrajin bunga dari botol air mineral, apalagi mengingat tingginya orderan (pesanan) bunga tersebut.

Mereka mengharapkan agar pihak Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Agara dan Aceh dapat memberikan pembinaan kepada mereka, sehingga bunga plastik yang dihasilkan dapat dipasarkan di toko-toko bunga, baik di Agara maupun daerah lainnya di Aceh.

Source http://aceh.tribunnews.com http://aceh.tribunnews.com/2012/01/24/mahasiwa-ugl-racik-bunga-botol-mineral
Comments
Loading...