Kerajinan Bunga Dari Limbah Plastik Di Bojonegoro

0 200

Kerajinan Bunga Dari Limbah Plastik Di Bojonegoro

Bunga-bunga plastik ini adalah buah tangan dari Siti Hidayah, warga Desa Ledok Wetan, Kota Bojonegoro. Selain dari hobi, perempuan lulusan S1 jurusan akutansi di salah satu universitas ternama di Malang ini mengaku, awalnya membuat kerajinan bunga dari plastik bekas karena serinya ia melihat sampah plastik berserakan di sekitar rumahnya. Sementara sampah plastik sendiri sangat sulit hancur, bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sehingga dari situlah ia mulai berkreasi dengan memanfaatkan plastik bekas tersebut.

Selain pintar berkreasi dan berbisnis, ibu dua anak ini juga tak segan menularkan kreatifitasnya kepada sesama. Hal tersebut terbukti dengan seringnya ia mengisi pelatihan umkm, yang di selengarakan Dinas Disnakertransos Bojonegoro, kepada warga-warga di sekitar Bojonegoro.

“Hargaya tergantung ukuran dan rangkaian bunga, dari Rp 20 ribu hingga Rp 300 ribu, dan dijual di Bojonegoro, Surabaya dan Jakarta, dan sering mengikuti pameran-pameran yang diselengarakan dinas-dinas  di Jawa Timur,” kata Siti.

Selain membuat bunga plastik ia juga membuat tas, figura, yang juga terbuat barang bekas. Jika tertarik silahkan mampir ke Galeri Zahida, di Desa Ledok Kulok Kota Bojonegoro.

Cara Pembuatan Bunga Dari Limbah Plastik

Pertama-tama kita gunting kantung plastik bekas yang sudah di cuci bersih. Setelah itu kita tumpuk dua kantong plastik menjadi satu, lalu kita setrika. Lakukan ulang pada plastik warna hijau dan hitam, untuk hiasan daunya.

Selanjutnya, gunting plastik yang sudah di setrika sesuai pola. Lalu rangkai guntingan bunga dengan lidi yang telah di lilit isolatip hijau. Ulangi lagi pada plastik hijau untuk daunya.  Jika sudah rangkai batang-batang bunga dan daun pada vas. Rangkaian sesuaikan dengan kreasi masing-masing. Nah jika sudah, bunga dari plastik bekas ini siap menghiasi ruangan anda.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=31051
Comments
Loading...