Kerajinan Bunga Hias Di Jayapura

0 95

Kerajinan Bunga Hias Di Jayapura

Pengrajin bunga hias di Kota Jayapura berharap agar lebih diperhatikan lagi setelah ditetapkannya Benhur Tomi Mano sebagai Wali Kota Jayapura terpilih untuk periode 2017-2022 pada Pilkada 15 Februari 2017 lalu.

“Kami ada kelompok. Satu kelompoknya lima orang tapi kami merangkai bunga hias pake uang sendiri,” kata pengrajin bunga hias Wely Mbobi di Pasar Sentral Hamadi Jayapura, akhir pecan kemarin.

Sebenarnya, lanjut Wely, satu buah vas bunga dikerjakan dalam waktu tiga hari sebab bukanlah pekerjaan utamanya, hanya untuk mengisi waktu luang agar bisa menambah kebutuhan perekonomian dalam keluarganya.

Sebelum merangkai bunga hias, kata Wely, dirinya bersama empat oramg temannya sesama ibu rumah tangga saling berdikusi untuk membuat kerajinan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Bahan-bahannya kami beli di toko dari uang patungan kelompok. Kemudian kami tentukan yang satu bikin apa yang lain bikin apa, sehingga bisa beragam hasilnya,” ujar Wely.

Untuk bisa memasarkan hasil kerajinan dari merangkau bunga, Wely menjualnya dipasar bahkan mengikut sertakan dalam pameran hasil kerajinan tangan denga harga mulai Rp10 ribu hingga ratusan ribu.

“Pemerintah mau bantu kalau usahanya sudah bisa berkembang. Kami berharap pada Wali Kota Jayapura terpilih agar memperhatikan kami agar bisa mengembangkan usaha kerajinan rajinan tangan kami,” ujar Wely perempuan asal Kabupaten Serui.

Lain cerita dengan pengrajin souvenir khas Papua Taty Yoe mengatakan, untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dirinya bersama empat orang temannya mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah setempat.

“Pemerintah bantu kami alat, bahan, bahkan kami diberikan pelatihan dan pendampingan agar kami bisa membuat kerajinan souvenir khas Papua sendiri,” kata Taty yang sehari-harinya berjualan di Pasar Sentral Hamadi Jayapura.

Diatas meja berukuran 2X1 meter Vely biasa menjajakan hasil kerajinan souvenir khas Papua seperti tas noken, dompet, tas dari kulit kayu, dan berbagai accesories khas Papua yang di jual dengan harga mulai Rp10 ribu hingga ratusan ribu.
“Harapan kami agar pemerintah selalu memperhatikan untuk bisa mengembangkan usaha yang kami miliki. Kami juga sering ikut pameran kalau ada pameran kerajinan tangan,” Taty

Source https://www.pasificpos.com https://www.pasificpos.com/item/16017-harapan-pengrajin-bunga-hias-untuk-wali-kota-jayapura-terpilih
Comments
Loading...