Kerajinan Bunga Jerami Di Wonogiri

0 502

Kerajinan Bunga Jerami Di Wonogiri

Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didapat di daerah persawahan. Terutama pada saat masa panen padi tiba. Selama ini jerami biasa dipergunakan sebagai makanan ternak, media tanam jamur merang. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus dibakar. Terkadang petani memanfaatkannya sebagai bahan bakar saat pembakaran batu bata atau genteng yang dilakukan di daerah sawah.

Bagi para pedagang telur dan buah, jerami juga dapat dimanfaatkan sebagai alas, agar barang dagangan mereka tidak mudah rusak akibat goncangan. Biasanya petani hanya menumpuknya dipinggir sawah dan membiarkannya busuk, sehingga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman lainnya. Suwarni Di Wonogiri memanfaatkan untuk kreatifitasnya.

Limbah padi atau jerami tersebut ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari limbah jerami masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi untuk dapat dikembangkan. Untuk masyarakat yang tinggal di dekat persawahan atau pasar tentunya tidak menemui kesulitan dalam mencari limbah jerami dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana.

Pemanfaatan limbah jerami menjadi produk kerajinan memiliki nilai lebih di bidang ekonomi. Sekarang ini orang sudah mulai menyenangi produk kerajinan yang berasal dari bahan jerami, karena selain menarik juga ramah lingkungan. Maka dapat dikatakan bahwa peluang usaha dari limbah jerami dapat menguntungkan.

Bagian-bagian jerami memiliki keunikan masing-masing, yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, dari mulai batang padi, ranting padi, selongsong padi dan gabah kosong yang telah dirontokkan dari ranting padi.

Bunga Jerami

Butuh hiasan meja, bunga pasti salah satu pilihan nya karna bunga di percaya bisa menambah kesan indah di meja tersebut, bagaimana jika bunga yang di gunakan terbuat dari jerami, pastinya tidak kalah indah dong dengan bunga asli dan harganya juga ekonomis.

Source http://www.kerajinan.id http://www.kerajinan.id/1877/kerajinan-dari-limbah-jerami.html
Comments
Loading...