Kerajinan Bunga Kering Dari Limbah Sampah Di Bali

0 150

Kerajinan Bunga Kering Dari Limbah Sampah Di Bali

Kepekaan melihat peluang mengolah sampah tanaman menjadi produk bunga kering, ternyata menjadi berkah bagi Made Asri Restuastuti Kardha SP. Bersama orangtuanya, perempuan berusia 33 tahun ini berhasil mengembangkan bisnis, yang produknya sempat hingga diekspor ke luar negeri dalam jumlah tak terbatas.

Asri secara kreatif memanfaatkan limbah dari alam berupa ranting, buah, biji, kelopak bunga, hingga ke akar. Di dalam rumahnya, pada sebuah ruangan dipajang puluhan varian bunga kering, dan pajangan dinding. Bunga-bunga itu ditata begitu apik dan rapi.

Sebelum berhasil menciptakan aneka ragam varian bunga itu, Asri hanya memanfaatkan limbah dapur, seperti biji melon, labu, dan kulit jagung, dan dedaunan. Semua proses dilakukan manual, hanya digunting biasa, dirakit dan kemudian dilem. Tetapi saat ini sudah mulai menggunakan alat bantu mesin pres dan juga oven untuk pengeringan.

Asri mencatat setidaknya ada sekitar 350 jenis bunga yang dihasilkan dengan harga dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu. Sebagian ada yang menyerupai pohon dan bunga asli, namun ada juga yang berdasarkan imajinasi karena untuk produk bunga asli, bahannya terbatas, semisal kulit jagung.

“Kulit jagung bisa pakai untuk apa saja, seperti Sedap Malam, Tulip, Mawar, juga Lili,” kata alumni Fakultas Pertanian Universitas Udayana itu.

Mengenai ide ciptaan produk, Asri dan orangtuanya selalu saling memberi masukan. Masing-masing mencoba mengusulkan ide, kemudian disempurnakan bersama. Putri pasangan Wayan Sutedja Kardha dan Dyah Yudiasriani itu melontarkan inspirasi biasanya didapatkan saja sambil jalan-jalan. Sedangkan untuk kreasi rangkaian, dia mencari juga referensi di sejumlah majalah.

Menurutnya, prospek usaha ini ke depannya akan tetap bagus karena semua orang pasti senang bunga karena melambangkan banyak hal, dari rasa cinta kasih, ungkapan duka, dan perayaan akan sebuah pencapaian.

Source http://bali.tribunnews.com http://bali.tribunnews.com/2014/10/26/made-asri-berhasil-olah-sampah-jadi-berkah-ini-foto-foto-dan-penjelasannya
Comments
Loading...