Kerajinan Bunga Kering Di Surabaya

0 350

Kerajinan Bunga Kering Di Surabaya

Industri skala kecil menengah (IKM) yang bergerak di bidang produksi bunga kering berbahan baku kulit jagung berpeluang meningkatkan volume penjualan produk tersebut, yang dibutuhkan konsumen untuk hadiah/souvenir hari kasih sayang (valentine day) dengan harga jual Rp4.000 – Rp8.000 per tangkai.

Jetty, pimpinan PT Putri Sekar Kencana bunga kering di Surabaya, Jawa Timur, mengaku daya serap pasar domestik atas produk bunga kering cenderung meningkat, yang dibutuhkan untuk penghias interior maupun souvenir. Selain itu, lanjut dia, peluang ekspornya pun cukup besar terutama ke Eropa, untuk memenuhi pedagang grosir serta toko-toko bunga. Soalnya, pemanfaatan bunga kering/artifisial cukup memasyarakat di Eropa.

“Sayangnya, harga jual di Eropa sulit dinaikkan, sementara harga bahan baku berupa kain khusus untuk produk bunga serta bahan impor lainnya naik sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, kami kini mengurangi ekspor ke Eropa dan meningkatkan penjualan ke pasar lokal,” ujarnya, kemarin.

Terkait berlangsungnya hari kasih sayang bulan ini, Putri Sekar Kencana memperoleh pesanan 300 tangkai bunga kering berwarna pink dari Malaysia dengan harga Rp8.000 per tangkai. Sedangkan harga jual di pasar lokal lebih rendah hanya berkisar Rp4.000 – Rp5.000 per tangkai.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku kulit jagung, pihak Putri Sekar Kencana menjalin kemitraan dengan petani jagung di tingkat kabupaten. Bahan baku klobot itu diterima dalam bentuk lembaran yang sudah diwarnai.

Source http://www.kabarbisnis.com http://www.kabarbisnis.com/read/28253/pengrajin-bunga-kering--panen--valentine-day
Comments
Loading...