Kerajinan Bunga Manik Manik Akrilik Di Medan

0 506

Kerajinan Bunga Manik Manik Akrilik Di Medan

Hadirkan nuansa keindahan tersebut dengan display bunga yang terbuat dari bahan akrilik, inovasi baru yang terlihat cantik serta menarik. Bunga berbahan akrilik yang bernilai seni tinggi dengan harga jual murah, bisa dikemas dalam bentuk souvenir untuk diberikan kepada orang-orang tercinta atau relasi bisnis.

Bahan baku akrilik bersifat thermoplastis atau mencair bila dipanasi dan transparan, sehingga tahan dalam waktu yang sangat lama, baik warna maupun bentuknya. Sebab bunga akrilik ini terbuat dari plastik, dan produk kerajinan ini terbilang cukup mudah untuk dibersihkan para konsumen.

Jadi tidaklah heran bila dalam hitungan bulan kerajinan bunga akrilik bisa diterima pasar dengan baik. Terbukti saat ini banyak konsumen yang beralih memilih bunga berbahan akrilik sebagai pelengkap hiasan di rumahnya agar menjadi indah, enak dilihat, dan nyaman bagi kesehatan keluarga.

Seperti yang dikatakan Wanti selaku pemilki Toko Boneka Antik, bunga berbahan akrilik ini  hampir mirip dengan bunga dari kristal. Seperti halnya bunga dari kristal, ketika kita membeli harus berhati-hati. Kadang ada kristal palsu yang ketika kita melihat warna bunganya sangatlah cantik dan menarik hati.

Akan tetapi ketika sampai di rumah, sehari dua hari, ternyata  bunga kristal itu hanya dibuat dari bahan kaca biasa yang warna indahnya hanyalah sepuhan atau cat saja, yang akan pudar atau bahkan ngelotok sendiri lama kelamaan.

Demikian juga pada bunga yang terbuat dari bahan akrilik. Apabila kita kurang teliti membali bahan-bahan pembuatnya, niscaya mata kita bisa tertipu. Maka sebaiknya berhati-hati dan telitilah ketika membeli, karena  manik-manik akrilik ini ada yang palsunya, yang terbuat dari bahan plastik.

“Tapi di sini nggak ada yang barang palsu. Semua asli, karena kita sudah kenal dengan pemasoknya, jadi dia tidak  mungkin jual barang palsu sama kita,” katanya kepada MedanBisnis beberapa waktu lalu saat ditemui di Toko Boneka Antik, Pusat Pasar Medan.

Jika konsumen teliti, lanjutnya, konsumen akan tahu perbedaan manik yang terbuat dari bahan akrilik dengan yang plastik. Untuk manik yang terbuat dari akrilik, tampilan luarnya lebih mengkilat dan lebih berat timbangannya dibanding manik dari plastik. Disamping itu, manik akrilik harganya lebih mahal daripada yang dari plastik. Untuk harga, lanjutnya, disesuaikan dengan ukuran, model, serta jenis bunga.

Harga yang ditawarkan perempuan berusia 39 tahun ini untuk bunga berbahan aklirik berkisar antara Rp 12 ribu sampai Rp 16 ribu per tangkai. Itu tidak berikut dengan pot atau vas bunganya. Jika dijual perangkai berikut dengan vas bunganya, maka kisaran harganya adalah Rp 120 ribu. Namun itu bukanlah harga mati, soalnya konsumen masih bisa tetap menawar sebagaimana biasanya melakukan transaksi jual beli di pasar.

Beda lagi yang dikatakan Istijaya  saat ditemui di toko tempatnya berjualan di Pusat Pasar Medan, dia mengatakan bahwa akrilik adalah lembaran plastik super keras. Warnanya yang tak cepat pudar serta bobotnya yang ringan menjadi keunggulan akrilik hingga menjadi bahan baku barang kerajinan. Padahal biasanya akrilik hanya dimanfaatkan sebagai pelapis mebel, tapi kini mulai banyak perajin yang menyulapnya menjadi aneka pernak-pernik cantik, seperti kalung dan bunga.

Bahan baku yang sederhana dan proses pembuatan yang mudah plus sentuhan kreatif, membuat bisnis kerajinan akrilik sangat menggiurkan.”Bahan dasar akrilik dapat dibuat hiasan bunga, tempat tisu, tempat aqua, dan lainnya juga,” tuturnya menjelaskan.

Setiap bunga dijualnya dengan harga 16 ribu per tangkai. Akan tetapi setiap rangkaian bunga berukuran kecil dijualnya dengan harga Rp 125 ribu. Sedangkan untuk yang besar atau bunga bertangkai tinggi dijualnya dengan harga sekitar Rp. 150 ribu.

Harga sesuai dengan jenis bunga dan ukurannya. Konsumen mau bunga yang mana dan yang ukuran mana. Kalau yang ukuran besar, kita jual Rp 16 ribu tapi kalau yang kecil Rp 5 ribu per tangkainya. Itu harganya lain dengan pot bunganya, ucapnya menjelaskan.

Bunga-bunga berbahan akrilik yang dijual di Pusat Pasar Medan memang tergolong murah, dibanding dengan bunga-bunga berbahan sama yang dijual di toko-toko tertentu. Namun dengan harga yang terjangkau ini, konsumen sudah bisa menghiasi rumahnya agar tampak lebih cantik.

Menjelang Lebaran, bunga berbahan akrilik mampu menambah keindahan ruangan tanpa harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk membeli bunga kristal. Soalnya rangkaian bunga akrilik ini sudah menyerupai bunga kristal yang mengkilat dan mewah.

Bunga akrilik ini lebih mudah dibersihkan, dibanding bunga kristal. Kalau bunga kristal kan kita takut pecah, soalnya harganya mahal. Tapi bunga akrilik ini, selain murah, mudah dibersihkan, juga bentuknya seperti bunga kristal, ujarnya di akhir wawancara.

Source http://www.medanbisnisdaily.com http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/read/2013/08/04/43995/rumah_cantik_dengan_bunga_manik-manik_akrilik/
Comments
Loading...