Kerajinan Bunga Plastik Di Jakarta Barat

0 153

Kerajinan Bunga Plastik Di Jakarta Barat

Mempercantik rumah dengan tanaman bunga adalah impian banyak orang, terutama perempuan. Namun, terkadang orang direpotkan dengan ketiadaan waktu untuk merawat dan menyiramnya. Melihat kondisi itu, Jono dan keponakannya, Awi Hidayat menangkapnya sebagai peluang usaha dan mulai membuat bunga plastik yang tanpa perlu disiram.

Bunga plastik memang kini menjadi trend bagi masyarakat perkotaan yang tidak punya banyak waktu di rumah. Lewat keahliannya merangkai bunga, Jono yang sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan, membacanya sebagai ladang tambahan untuknya mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Untuk mendapatkan bahan seperti daun dan bunga plastik, biasanya ia membeli di kawasan Kota, Jakarta Barat. Daun dan bunga plastik itu kemudian dirangkainya menjadi satu di rumahnya, kawasan Kalimulya, Cilodong, Depok.

Jono mengakui, bunga buatannya cukup awet, karena bahannya dari plastik. Untuk perawatannya pun terbilang mudah yakni cukup disemprot dengan spray dan kain.

“Disemprot saja debunya pakai semprotan yang biasa buat burung. Gak perlu pakai apa-apa lagi,” jelasnya.

Bunga buatan Jono terlihat sangat indah dan mewah. Orang tidak akan menyangka jika bunga itu hasil kreasi seseorang yang sehari-harinya berkutat dengan batu dan cangkul di proyek bangunan.

Meskipun terlihat mewah, Jono tetap menjualnya dengan harga terjangkau. Untuk satu pot kecil model daun dijualnya hanya Rp 50 ribu. Sedangkan ukuran satu pot model bunga ukuran sedang dijualnya mulai Rp 100-500 ribu.

“Harga tergantung ukuran. Kemarin saya jual yang tinggi 2 meter model bambu harganya Rp 1 juta,” katanya.

Untuk memperlancar usaha, Jono selain menjualnya secara langsung di pinggir jalan kawasan perumahan, juga menjualnya secara online. Namun, karena ketidaktahuannya dengan internet, untuk penjualan secara online masih ditangani orang lain.

Source https://bisnisukm.com https://bisnisukm.com/melirik-usaha-bunga-plastik-yang-bikin-rumah-makin-cantik.html
Comments
Loading...