Kerajinan Bunga Sabun Di Bekasi

0 64

Kerajinan Bunga Sabun Di Bekasi

Ibu-ibu Kader Kampung Keluarga Berencana (KB) Manggis Sejahtera, RT 02/04, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi menyulap sabun batangan menjadi kerajinan bunga yang indah dan memiliki aroma wangi.

Bunga sabun ini tidak hanya indah dipandang, tetapi juga menyebarkan aroma yang harum dan segar. Keunikan dari kerajinan ini adalah bentuk dan warna yang menyerupai bunga asli. Bunga sabun tersebut selain bisa dimanfaatkam sebagai hiasan, juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Sallymatul Aliyah, Kordinator Kampung KB Manggis Sejahterah menceritakan awal mula ide pembuatan kerajinan bungan sabun. Wanita yang biasa dipanggil Ale itu menjelaskan, awalnya, pada 13 Juli 2017, wilayah pemukiman RW 04, resmi ditetapkan sebagai wilayah percontohan Kampung KB di Kelurahan Bojong Menteng.

Seiring dengan itu, pembentukan kader Kampung KB pun terbentu. Konsep Kampung KB sendiri bukan hanya fokus pada kampanye terkait Keluarga Berencana, tapi juga juga sebagai penggerak kesadaran sosial untuk maju dari berbagi bidang.

“Kita mulai bergerak, ternyata kampung KB meliputi semua fungsi, dari segi agama, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, perlindungan KDRT, dan lingkungan, semua masuk ke dalam gerakan Kampung KB,” ungkap Ale

Salah satu dari fungsi gerakan Kampung KB yang berkaitan untuk kesejahteraan ekonomi coba diaplikasi dengan pembinaan keterampilan kerajinan tangan. Dari situ mulai muncul ide untuk membuat kerajinan bunga sabun.

“Kita datangkan mentor waktu itu yang kebetulan punya keterampilan membuat bunga dari sabun, kita diajarkan selama beberapa hari dan selebinya kita belajar sendiri,” ujar Ale

Lama kelamaan, Ibu-ibu kader Kampung KB Manggis Sejahtera yang berjumlah 69 orang, makin mahir dalam merangkai satu demi satu bunga sabun.

Hingga kemudian pembuataan  produk kerajinan bunga sabun di Kampung KB Manggis Sejahtera menjadi program keterampilan yang menarik dan memiliki nilai ekonomis.

Untuk proses pembuatan sendiri menurut Ale sangat mudah dan bisa dikatakan cukup murah, hanya bermodalkan sabun batangan, terigu, dan air panas serta tusuk sate sebagai tangkainya.

“Sabun batang awalnya diserut, kemudian dicampurkan terigu dan air secukupnya hingga menjadi adonan,” jelasnya. Setelah menjadi adonan, tekstur sabun menjadi lebih mudah dibentuk, kemudian barulah satu persatu adonan sabun itu dibentuk menyerupai bunga.

Konsep bisnis dari kegiatan Kader Kampung KB yakni, untuk setiap kader yang ingin membuat kerajinan, akan diberi modal sebesar Rp 150 ribu. Dari modal itu nantinya kader akan mendapatkan bahan baku pembuatan bunga sabun.

“Dari modal itu bisa menghasilkan 12 pot bunga, harga jual satu pot nya dikisaran 85 ribu sampai 95 ribu,” ungkap Ale

Sejauh ini, kader Kampung KB Manggis sejahtera sudah bisa memproduksi bunga sabun secara mandiri, bahkan selama kurang lebih enam bulan kegiatan kerajinan, ibu-ibu tersebut sudah bisa menjual ke berbagai pemesan di daerah Bekasi.

Pihaknya mengakui saat ini masih terkendala soal pemasaran, sejauh ini Ibu-ibu pengrajin hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut saja.

“Kita juga kesulitan untuk mengirimnya Mas, soalnya kan kalau antar pesanan jauh takut rusak juga bunganya,” jelasnya
Namun dia berharap dengan kegiatan tersebut, paling tidak telah membantu kesadaran ibu-ibu sekitar agar lebih mandiri dan kreatif, kedepannya kerajinan bunga sabun ini diharapkan bisa lebih baik dalam hal pemasaran dan produksinya.

“Alhamdulillah melalui kegiatan ini Ibu-ibu di RT 02 dan 03 bisa lebih mandiri, ya mudah-mudahan aja bisa lebih berkembang lagi kerajinan bunga sabun ini, karna ini baru lima bulan juga kita masih terus belajar,” pungkasnya.

Source https://radarbekasi.id https://radarbekasi.id/2018/03/31/sulap-sabun-menjadi-bunga-cantik/
Comments
Loading...