Kerajinan Bunga Tulip Dari Kain Perca Di Malang

0 308

Kerajinan Bunga Tulip Dari Kain Perca Di Malang

Sisa kain atau perca dimanfaatkan seorang ibu rumah tangga di Malang. Lewat tangan kreatifnya, Anieka Triastutie membuat kerajinan tangan bunga tulip dari perca. Kegemaran dia pada handycraft dimulai saat bermukim di Australia.

“Awal saya mengenal dunia craft adalah saat menemani suami ambil S2 dan S3 di Australia bbrp tahun lalu. Seorang teman menunjukkan sebuah majalah kerajinan yang menggabungkan potongan kain perca,” cerita dia.

Anieka pun tertarik dengan kerajinan tangan berbahan dasar kain perca. Begitu kembali ke Indonesia, dia mulai mencoba membuat kerajinan tangan bunga tulip dari kain perca.

“Saya ikutkan dalam bazar kampus  Malang saat peringatan hari ibu tahun 2017 lalu. Alhamdulillah ternyata bunga tulip perca ini diminati pengunjung bazar. Akhirnya saya lanjutkan membuat lagi bunga tulip ini,” sambungnya.

Bunga tulip perca kreasi Anieka dibuat dalam bentuk pot. Selain itu, banyak pemesan menginginkan buket bunga tulip.Terutama sebagai kado acara wisuda.

Tiap bulannya usaha berlabel Simple Craft itu mampu menjual hingga puluhan pot. Pembeli berasal dari berbagai kota di Indonesia. Selain penjualan langsung, bunga tulip perca kreasi Anieka juga dijual di toko.

“Selain penjualan lngsung, saya juga menitipkan di toko oleh-oleh seperti Harum Manis dan Dino Mall Jatim Park 3,” katanya. Untuk membuat tulip bahan dasar kain perca, Anieka menjelaskan langkah-langkahnya cukup mudah.

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:  kain motif, dakron, kain hijau polos, stik bambu, pita lilit hijau, lem tembak, jarum dan benang.

“Kain untuk bunga dipotong sesuai pola dan dijahit. Kemudian diisi dakron, dilekatkan pada tangkai dan dijahit lagi membentuk bunga tulip. Selanjutnya tangkai dililit dengan pita dan diberi daun yang ditempelkan dengan menggunakan lem tembak,” jelas Anieka.

Untuk harga bunga tulip cantik buatan Anieka dibanderol bervariasi tergantung ukuran dan jenis pot. “Untuk yang pot kisaran harga Rp 47.000 tergantung jenis pot dan jenis kain. Dan yang bunga wisuda kisaran Rp 15.000 tergantung isi bunga,” tukas dia

Source https://www.malangtimes.com https://www.malangtimes.com/baca/27951/20180526/091931/kreatif-di-tangan-ibu-rumah-tangga-di-malang-ini-kain-perca--disulap-jadi-bunga-tulip/
Comments
Loading...