Kerajinan Cantik Dari Kepompong Di Bogor

0 428

Kerajinan Cantik Dari Kepompong Di Bogor

Siapa yang tidak tahu kepompong?, tempat pembungkus ulat sebelum menetas menjadi kupu-kupu. Bagi sebagian orang, mungkin kepompong bukanlah sesuatu yang berguna untuk dipakai. Namun, ditangan seorang ibu Iwa, yakni pengrajin kepompong ulat sutera dari Citeureup, Bogor, Jawa Barat, kepompong ulat sutera dapat menjadi barang-barang kerajinan tangan yang sangat menarik. Usahanya berawal dari pengrajin bunga kering, kemudian saat melihat keindahan kepompong, maka ia memutuskan untuk membuat kerajinan tangan dari kepompong tersebut.

Ada beberapa jenis yang dihasilkan dari kepompong ulat sutera, seperti aksesoris dan sulaman. Jenis kepompong yang dipakai pun beragam, dari jenis kepompong keket, sampai yang menarik adalah kepompong liar berwarna keemasan, dari pohon kedondong atau alpukat. Kisaran harganyapun terjangkau, mulai dari Rp.20.000 hingga Rp.1.000.000.

Usaha yang dirintis sejak tahun dua ribuan ini telah menghasilkan produk kerajianan tangan yang diminati sampai ke mancanegara, seperti Malaysia, Amerika Serikat, Singapura dan Brunei Darusalam. Pemilihan kepompong sebagai bahan baku utama dimulai dari sekedar coba-coba. Berbagai jenis kepompong ulat dicobanya. Biasanya, dia memilih untuk mempertahankan warna asli kepompong dalam setiap produknya meskipun kadang bereksperimen untuk

mengganti warna aslinya. Hasilnya, kepompong warna kuning emas atau putih ini disulap menjadi berbagai aksesoris seperti aksesori baju serta jepitan rambut, Atau ibu Iwa menyulamkan kepompong sebagai hiasan di baju ataupun selendang. Kreasi tersebut dibuat menyesuaikan selera pasar. Teknik pembuatan kepompong hingga menjadi barang kerajian tidak begitu sulit, seperti yang dia jelaskan berikut ini:

“Mula-mula karena liar dipungut lalu ketika kosong tinggal sarangnya saja, seperti kain lembut kemudian dikupas. Diluarnya ada sisa-sisa benang sutera yang sudah putus-putus tidak terpakai, saya buang dan kupas sedemikian rupa, kemudian dipola berbentuk bunga atau bisa juga dilipat seperti kain. Nah itulah aplikasi yang ditempelkan di bahan apa saja, dibahan sutera, belacu, tenunan. Jadi menghasilkan satu motif.”

Selain itu, ada manfaat lain dari kerajinan kepompong ulat yang dibuat ibu iwa, yakni terbukanya lapangan pekerjaan. Ada beberapa pengrajin belajar membuat kerajianan tangan dari kepompong tanpa harus membayar, sehingga menciptakan pekerjaan baru bagi para wanita dan dapat menambah penghasilan, serta turut mendukung perekonomian keluarga.

Tak hanya itu saja, kreatifitas membuat kerajianan tangan dari limbah atau sampah juga dapat membuat lingkungan menjadi lebih baik. Jadi dapat dikatakan selain dari segi keindahan, hasil dari kepompong tersebut juga berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Source http://kabarinews.com http://kabarinews.com/cantik-dengan-kepompong/36633
Comments
Loading...