Kerajinan Casing Dari Limbah Rotan Di Surabaya

0 112

Kerajinan Casing Dari Limbah Rotan Di Surabaya

Pengguna gadget tentu tidak asing dengan berbagai jenis casing. Baik softcasemaupun hardcase. Kini muncul aksesori baru bernama livcase. Itu adalah casing handphone yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Misalnya, livcase karya Isahito Narhatan. Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) itu membuat livcase berbahan dasar limbah rotan. Livcase karya Isahito dipamerkan di selasar Gedung International Village Ubaya.

Mahasiswa fakultas industri kreatif (FIK) angkatan 2011 itu mengungkapkan, ide membuat livcaseberawal dari keresahan melihat banyak limbah rotan. Biasanya limbah rotan dibiarkan begitu saja. Jika sudah menumpuk, limbah rotan hanya dibakar. “Padahal, serat-serat rotan bagus. Jika diolah dengan benar, rotan bisa menjadi barang bernilai rupiah,” katanya.

Karena itu, dia mulai meneliti struktur-struktur rotan. Bahkan, Isahito juga mencari banyak referensi tentang tingkat kekuatan rotan apabila dijadikan casing handphone.

Meski terbuat dari limbah rotan, Isahito menjamin bahwa livcase karyanya tidak hanya menjadi aksesori handphone. Tapi, livcase juga mampu melindungi handphone dari goresan. “Ketika jatuh ke lantai, livcase tidak akan pecah,” ujar Isahito.

Source http://ubaya.ac.id http://ubaya.ac.id/2018/content/news_detail/1812/Casing-Warna-Warni-dari-Limbah-Rotan.html
Comments
Loading...