Kerajinan Celengan Batok Di Desa Ngabean

0 185

Kerajinan Celengan Batok Di Desa Ngabean

Batok tempurung kelapa biasanya berakhir hanya menjadi arang, atau hanya dibuang begitu saja.

Namun, tidak bagi Gunawan. Dengan sentuhan kreativitas yang dimiliki, pria asal Bantul ini menyulap tempurung kelapa menjadi kerajinan ‘celengan karakter’ yang unik dan menarik.

Ketika disambangi di kediamannya, di dusun Ngabean, Triharjo, Pandak, Gunawan memperlihatkan proses pembuatan tempurung kelapa hingga menjadi kerajinanyang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Ada celengan karakter yang menbentuk aneka satwa dengan hiasan lukisan yang indah. Ada juga cangkir, mangkuk, teko hingga lampu hias.

Gunawan bercerita, awak mula memafaatkan tempurung kelapa menjadi kerajinan bermula ketika tahun 2005, ia menggeluti profesi sebagai tukang kelapa.

“Awalnya tahun 2005 saya jualan kelapa. Saya beli kelapa dari petani, kemudian saya parut dan dijual di pasar. Dari sana limbah dari kelapa yang telah diambil dagingnya itu banyak dan bisanya saya jual karungan,” kata Gunawan, menceritakan.

Satu karung limbah termpurung kelapa, kata Gunawan, waktu itu, ia jual dengan harga Rp400.

Namun, lama kelamaan, ia kemudian berpikir, bagaimana caranya untuk memanfaatkan limbah tempurung kelapa menjadi satu kerajinan

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2018/04/07/dengan-sentuhan-kreatif-pria-asal-bantul-ini-sulap-limbah-batok-kelapa-jadi-celengan-karakter-unik
Comments
Loading...