Kerajinan Celengan Dari Limbah Kardus Di Sukamulya

0 296

Kerajinan Celengan Dari Limbah Kardus Di Sukamulya

Mamun Murod, warga kampung Merak, Desa Merak, Kecamatan Sukamulya, cukup kreatif.  Ia  kumpulkan limbah tabung kardus  dan bambu, lalu dikemas menjadi celengan. Kerajiannya itu cukup laku di wilayah Sukamulya, Kresek dan Balaraja, dengan harga Rp 5 ribu – Rp 10 ribu.

Menurut  Mamun Murod, membuat  celengan denghan bahan dari  bambu dan kardus tabung limbah. Kardus tabung limbah  dibeli dari wilayah Kecamatan Cikande, Serang, dengan harga  Rp. 3 ribu/kg. Limbah kardu itu, kemudian di balut limbah kain katun, yang dibeli dari wilayah Desa merak dan Parahu, jelasnya.

 Peralatan yang  digunakan sederhana, tabung limbah kardus, tembakan lem lilin, lemvfox, gunting, penggaris, pulpen, kain katun, pisau cater, dan cat yang disemprot. Pertama mamun memotong tabung limbah kardus dengan ukuran 30 – 50 cm.  Kemudian dibuat  untuk  tutup atas dan bawah tabung, berdiameter 5 – 7cm  dan selanjutnya ditempel dengan menggunakan lem lilin dan fox sebagai perekat.

Setelah terbentuk  menjadi celengan, mamun gunakan kain katun sebagai penutup celengan sesuai ukuran dan dipasangkan dengan mengggunakan lem fox dan lem lilin serta dipasang pernak pernik sebagai pemanis celengan. Terakhir ia gunakan pisau cater untuk melubangi atas celengan sesuai ukuran uang koin

Source https://koperasi.tangerangkab.go.id https://koperasi.tangerangkab.go.id/murod-pengrajin-celengan-limbah-tabung-kardus/?mode=grid
Comments
Loading...