Kerajinan Celengan Karakter Di Bantul

0 227

Kerajinan Celengan Karakter Di Bantul

Celengan karakter hasil kreasi dari batok kelapa karya Gunawan, warga Dusun Ngabean, Triharjo, Pandak, Bantul ternyata sudah diekspor hingga pasar internasional.

“Kalau pasar luar negeri, yang sudah-sudah, beberapa produk saya pernah dikirim ke Kepulauan Fiji, Hawai dan Jamaika,” ujar Gunawan.

Diungkapkan Gunawan, kerajinan-karajinan hasil kreasinya itu ia jual secara online maupun dikirim ke beberapa toko-toko souvernir yang ada di kota Yogyakarta. Selain celengan karakter yang menbentuk aneka satwa dengan hiasan lukisan yang indah, Gunawan juga memproduksi cangkir, mangkuk, teko hingga lampu hias.

Harga satu unit celengan karakter dijual dengan harga yang cukup murah, mulai harga Rp15 ribu hingga Rp17 ribu. Satu cangkir dari batok dijual Rp 6 ribu sampai Rp 8 ribu. Satu unit mangkuk dari batok Rp 12 ribu, teko batok dari mulai Rp 15 hingga Rp 25 ribu. Diceritakan sebelumnya, awal mula memafaatkan tempurung kelapa menjadi kerajinan bermula ketika tahun 2005, Gunawan menggeluti profesi sebagai tukang kelapa.

Satu karung limbah tempurung kelapa, kata Gunawan, waktu itu, ia jual dengan harga Rp400. Namun, lama kelamaan ia berpikir bagaimana caranya untuk memanfaatkan limbah tempurung kelapa menjadi satu kerajinan. Celengan dari tempurung kelapa itu ia kreasikan menjadi bentuk aneka satwa-satwa yang menarik. Tak disangka, hasil kerajinan celengan karakter yang dibuat Gunawan mendapat respon positif dari pasar.

Ia kemudian mulai memproduksi dan berinovasi dengan kreasi Kerajinan-karejinan yang lain. Akan tetapi malang tak bisa ditolak. Ketika ia sedang mulai merintis usaha kerajinan, tahun 2006, Yogyakarta diguncang gempa dahsyat. Gunawan terkena dampaknya. Industri kerajinan miliknya terpaksa ditutup selama hampir 6 bulan lebih. Namun, berkat usaha dan kegigihannya gempa dahsyat itu ternyata tak membuat usahanya surut.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2018/04/07/kerajinan-celengan-karakter-karya-pria-asal-bantu-ini-diekspor-ke-hawaii-hingga-jamaika?page=2
Comments
Loading...