Kerajinan Celengan Karakter Di Banyumulek

0 194

Kerajinan Celengan Karakter Di Banyumulek

Pesanan gerabah yang tak seramai dulu membuat seorang pengrajin gerabah di Desa Banyumulek, Lombok Barat, Musleh harus putar otak. Ia harus mencari cara agar dapur di rumah tetap mengepul.

Setelah melihat fakta anak-anak yang gandrung dengan tokoh kartun, Musleh pun membuat terobosan baru. Ia mencoba membuat celengan karakter meniru berbagai karakter yang ada dalam kartun yang digemari anak-anak.

“Cuma saya sama satu warga lainnya di desa ini yang buat celengan begini. Saya buat macam-macam, ada Keroppi, Doraemon, Mickey Mouse, Pikachu, Hello Kitty, banyak macamnya,” ceritanya.

Diawali dengan niat coba-coba, ayah satu anak ini mendapat respons cukup bagus. Banyak warga yang tertarik dengan celengan karakter buatannya. “Coba-coba ternyata banyak yang suka. Tapi kebanyakan yang pesen biasanya cewek-cewek. Kalau mereka beli, biasanya nanti temennya juga diajak beli ke sini,” tuturnya.

Membuat celengan karakter ini dilakoni Musleh sejak dua tahun lalu. Ia mengerjakannya sembari menyelesaikan pesanan gerabah dari luar daerah dan lokal. Untuk pemasaran, ia mengaku juga masih dilakukan sang ayah sendiri dengan berjualan keliling.

“Biasanya dibawa jualan keliling sama bapak saya. Kadang dijual ke pasar juga. Alhamdulillah kadang juga ada dipesan orang,” katanya.

Untuk mengenalkan produknya, ayahnya berjualan hingga ke lokasi wisata Gili Trawangan. Dengan pertimbangan untung lebih besar, karena celengannya dijual dengan harga lebih mahal di sana.

“Biasanya bapak yang jual ke gili. Kalau di sana kita jual lebih mahal harganya, karena masuk daerah wisata,” akunya.

Harga yang ditawarkan pria 38 tahun ini berkisar Rp 15 ribu untuk ukuran kecil dan Rp 25 ribu untuk ukuran besar.

Disinggung mengenai kelebihan produknya ketimbang celengan yang dihasilkan rekannya adalah warna celengan yang jauh lebih bagus. Karena ia menggunakan cat tembok yang memiliki efek mengilap setelah kering. Sehingga celengan yang dihasilkan jauh lebih menarik dengan kualitas warna bagus.

“Kalau pakai celengan ini kan anak-anak jadi makin senang nabung. Tapi kadang yang beli bilangnya ndak tega mecahin celengannya karena bentuknya lucu,” sahutnya sambil tertawa.

Source https://www.suarantb.com https://www.suarantb.com/lombok.barat/2017/05/237858/Lucunya.Celengan.Karakter.Kartun.Buatan.Pengrajin.Gerabah.Banyumulek/
Comments
Loading...