Kerajinan Celurit Bulu Ayam Di Madura

0 1.563

Kerajinan Celurit Bulu Ayam Di Madura

Meskipun jenis celurit yang dibuat para pengrajin di Desa Paterongan, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, sangat banyak, ada tiga jenis celurit yang paling populer atau sangat diminati masyarakat. Pertama jenis celurit bulu ayam, disusul dengsabeh, dan tekabeh. Dari ketiga jenis celurit ini, yang paling banyak diminati masyarakat celurit jenis bulu ayam. Celurit tersebut memang menyerupai bulu ayam.

“Kalau untuk orang Bangkalan sebagian besar memesan celurit jenis bulu ayam, karena bentuknya lebih bagus dibandingkan jenis yang lain,” terang salah seorang pengrajin celurit, Abdul Bari.

Menurut Abdul, sebenarnya bentuk celurit antara jenis bulu ayam, tekabeh dan dengsabeh hampir sama. Tetapi, ketika dilihat dari dekat ada perbedaan yang mencolok. Jika celurit jenis dengsabeh dan tekabeh modelnya agak menganga, sedangkan bulu ayam lebih menunduk.

Adapun besi yang dibuat bahan dasar celurit dari cakram dan per mobil. Celurit yang terbuat dari cakram lebih bagus karena tidak mudah karatan. “Jika dari per mobil paling harganya Rp200 ribu, tetapi bila dari cakram harganya bisa mencapai Rp300 ribu hingga Rp350 per buah,” ungkapnya.

Source https://news.okezone.com https://news.okezone.com/read/2015/03/01/340/1112268/celurit-bulu-ayam-favorit-warga-madura
Comments
Loading...