Kerajinan Cermin Kerang Di Pangandaran

0 292

Kerajinan Cermin Kerang

Kerajinan Cermin Kerang merupakan tujuan pariwisata yang memiliki banyak pengrajin di daerahnya. Contohnya seperti yang dilakukan ibu Jumarni yang menjual hasil kerajinannya secara langsung dengan membuka toko di kawasan dekat pantai pantai barat Pangandaran. Ibu Jumarni sebenarnya berasal dari daerah Jawa Tengah yang sudah berjualan barang-barang kerajinan sejak tahun 2001. Ia berjualan di setiap hari libur nasional dan akhir pekan dengan membuka toko dari pukul enam pagi sampai jam dua belas malam. Adapun barang-barang kerajinan yang ia jual beraneka ragam dari mulai hiasan kamar, cermin, hiasan dingding, gelang, dan masih banyak lagi.

Ibu Jumarni menuturkan bahwa barang-barang kerajinan tersebut tidak semuanya ia buat sendiri ada yang didatangkan dari Bandung juga Jakarta. Hal itu dilakukan agar menambah variasi barang kerajinan yang dijual. Karena barang kerajinan yang dibuatnya sendiri berupa rata-rata terbuat dari bahan yang sama yaitu kerang. Contohnya seperti cermin dengan hiasan kerang, pajangan dingding juga gorden pintu kamar yang terbuat dari kerang pula. Dari barang-barang yang disebutkan tadi yang menurut ibu Jumarni paling sulit proses pembuatannya adalah pembuatan cermin dingding, karena harus bisa menyesuaikan atau mengatur kerang-kerang yang ditempelkan di sisi cermin bisa terlihat bagus dan menarik.

Proses pembuatan cermin kerang tersebut dimulai dari mengumpulkan bahan-bahan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan cermin dingding diantaranya, sebuah cermin, lem perekat, kerang-kerang yang didapat dari pengepul serta cat bening. Setelah cermin dibersihkan kemudian kerang-kerang ditempelkan di tiap sisi cermin tanpa menggunakan pola, disesuaikan dengan bentuk cermin dan kreativitas sendiri. Setelah kerang tertempel pada cermin kemudian dijemur, lalu dibersihkan kembali dari debu-debu yang yang menempel dan kemudian dicat menggunakan cat bening. Untuk menjaga agar barang-barang kerajinan yang dibuat tetap awet dan terawat maka Ibu Jumarni menggunakan sebuah obat seperti air keras yang dioleskan pada barang kerajinannya.

Source Kerajinan Cermin Kerang Di Pangandaran Kerajinan Cermin Kerang Di Pangandaran
Comments
Loading...