Kerajinan Cor Kuningan Di Sleman

0 289

Kerajinan Cor Kuningan Di Sleman

Kerajinan cor kuningan yang selama ini dikembangkan secara rumahan di Padukuhan Ngawen, Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terkendala regenerasinya karena semakin sedikit kaum muda di wilayah setempat yang menekuninya.

“Saat ini sudah sedikit anak muda yang mau menggeluti kerajinan cor kuningan ini, padahal kerajinan ini telah berkembang di daerah ini secara turun temurun sejak puluhan tahun lalu,” kata perajin cor kuningan di Padukuhan Ngawen Krisna Sutanto.

Namun rata-rata perajin hanya memproduksi `klunthung` (genta) untuk sapi dan `klinting` kecil-kecil, untuk inovasi jenis atau bentuk kejainan lain memang belum ada. Hanya krisna yang juga menekuni kerajinan untuk perangkat busana kuda dan kereta kuda.

Ia mengatakan, aksesori yang diproduksi di bengkelnya biasa digunakan untuk mempercantik tampilan kuda maupun kereta tradisional. Mulai dari ujung kepala hingga ekor kuda dan badan kereta. Krisna mengatakan, kerajinan cor kuningan yang digeluti bersama keluarganya ini telah menjadi langganan para pemilik andong dan bengkel kereta di wilayah DIY dan juga Solo. Misalnya dari pembuat pakaian kuda di Kotagede dan juga bengkel kereta di Bantul.

“Satu bulan bisa habis 25 kilogram kuningan. Kalau bentuknya standar, proses pembuatan terbilang cepat, hitungan hari. Tapi kalau pesanan khusus, bisa lebih lama, tergantung tingkat kerumitan desainnya, belum lagi kalau ada produk cacat, harus diulang lagi prosesnya dari awal,” katanya.

Source Kerajinan Cor Kuningan Di Sleman Kerajinan Cor Kuningan Di Sleman
Comments
Loading...