Kerajinan Cor Logam Di Trowulan

0 466

Trowulan di Mojokerto punya nama beken karena merupakan pusat peninggalan kejayaan Kerajaan Majapahit. Di sekitar Trowulan ternyata tidak hanya ada candi-candi, namun juga ada pusat perajin logam, tepatnya di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Produk kerajinan cor logam amat beragam jenis dan modelnya. Tak hanya patung, namun juga aneka asesoris dan perlengkapan rumah tangga.

Teknik Pembuatan

Agak beda dengan perajin lain. Dalam proses produksi, Deni menggunakan model cor kering dan basah. Cor kering menggunakan moulding (bahan cetak) lilin. Model yang terbuat dari lilin dibungkus tanah atau semen. Agar lilin di dalam tanah hilang/meleleh, harus dibakar dengan suhu di atas 100 derajat Celcius. Pada akhirnya rongga yang ditinggalkan lilin diisi cor logam (perunggu atau kuningan) sesuai dengan yang dikehendaki.

Sedangkan cor basah menggunakan blok terbuat dari aluminium sebagai bahan cetakannya. Produk yang sudah jadi tidak langsung dipasarkan, harus melalui proses penghalusan dan coating (pelapisan). Hasil cor tidak selalu halus atau mulus. Agar tampak cantik harus dikikir dan memotong sisa-sisa cor yang tidak diperlukan. Pelapisan dilakukan apabila menginginkan pewamaan. Misal, putih, hijau atau kuning.

Bentuk produks beraneka ragam, riil maupun abstrak. “Pada saat ini konsumen banyak yang memilih jenis abstrak,” kata Deni. Model penari balet, penabuh gendang, dan pose-pose primitif suku Asmat, laku keras. Ukurannya relatif kecil, di bawah 30 cm. Warna yang disukai umumnya putih, berbahan kuningan. Produk model lain juga digemari konsumen. Misal, kodel arca Buddha, asbak, tokoh pewayangan, dan aneka asesoris rumah tangga.

Memenuhi tuntutan pasar, dia akui, kreasi harus lebih variatif agar konsumen tak jenuh. “Kadang-kadang pelanggan datang meminta bentuk sesuai dengan gambar yang dibawa” ungkapnya. Hal itu tidak sulit dipenuhi, asal harga bisa disepakati. Bahkan, untuk lebih memikat pembeli, barang diberi frame segi empat supaya lebih menarik. Frame warna-warni, tergantung selera pembeli.

Source Sentra Kerajinan Cor Logam Di Trowulan Sentra Kerajinan Cor Logam Di Trowulan
Comments
Loading...