Kerajinan Crochet Di Jakarta

0 323

Kerajinan Crochet Di Jakarta

Crochet, atau kerajinan tangan menggunakan satu jarum hakken, sering bikin penasaran. Terutama soal proses pembuatannya yang memang tidak begitu mudah. Pengrajin crochet Hadijah di Jakarta, bilang hal pertama yang perlu diketahui adalah teknik dasar seperti cara memegang benang dan jarum. Baru setelah itu mengenal jenis tusukan seperti single crochet, double croche, half double crochet, dan treble crochet.

“Kalau sudah hafal teknik dasar, kita sudah bisa bikin apa aja. Project yang paling gampang itu kayak bentuk bunga, dompet hp, dan syal,” kata Hadijah.

Dia meyakinkan bahwa membuat crochet tidak sulit asalkan bisa telaten dan mau bersabar di awal belajar. Lagipula, kegiatan ini merupakan sesuatu yang menyenangkan. Menurut Hadijah sebelum memulai crochet, seseorang harus menentukan dulu bentuk seperti apa yang mau dibuat. Apakah tas, sepatu, aksesoris, dan lain-lain.

“Lalu sesuaikan benang dan jarum yang akan digunakan dengan project-nya. Misalnya, jika akan membuat sepatu atau baju bayi maka pilihlah benang yang lembut dan tidak menimbulkan iritasi di kulit bayi,” katanya.


Dia melanjutkan, untuk pola bisa diperoleh referensi dari buku atau internet. Khusus bagi pemula, disarankan memilih pola yang sederhana dengan tusukan-tusukan dasar. Kini memang kita dengan mudah bisa belajar teknik-teknik dasar, menengah atau lanjut dari internet.

Tapi tak semua pecinta crochet memulai kegandrungannya pada benang dan hakken dengan cara yang sama. Tak sedikit yang ketularan hobi ini secara turun temurun atau dari orang terdekat.  Namun, saat itu dia belum mengerti istilah crochet. Hanya ingin ikut belajar dan menjual hasil karya ke teman-teman. Baru 5 tahun belakangan fokus mendalami ini.

Source https://hot.detik.com https://hot.detik.com/art/d-2434220/belajar-crochet-dari-ibu-sampai-internet-?_ga=2.69926354.31111911.1524099710-2015879252.1524099710
Comments
Loading...