Kerajinan Damar Kurung Dari Kaca Di Gresik

0 254

Kerajinan Damar Kurung Dari Kaca Di Gresik

 Aneka buah tangan dari kota Pudak semakin beragam. Tak hanya kuliner, kini juga hadir kerajinan tangan Damar Kurung berbahan kaca yang bisa dijadikan alternatif pilihan.

Sujud Setiyo Budi, salah satu pengrajin, berbagi cerita mengenai proses pembuatan kerajinan tangan berbahan kaca ini. “Mula-mula kita harus menyiapkan kaca batangan. Kaca ini kemudian di lelehkan dengan las oksigen. Terakhir dibentuk sesuai keinginan,” terang pemilik home industry Sujudkraft itu.

Untuk pembuatan satu kerajinan tangan kaca, lanjut Sujud, membutuhkan waktu 5-40 menit. “Singkat atau lamanya pengerjaan tergantung motif dan kerumitannya,” kata pria berusia 40 tahun ini.

Model yang biasa dibuat antara lain liontin, motif hewan, damar kurung, pudak, dan model lainnya. “Saya biasanya nyetok barang di toko. Tapi banyak dari pembeli juga yang pesan model-model tertentu,” lanjutnya.

Selain membuka toko di kediamannya di RT. 05/ RW. 05 Banyuurip, Gempolkurung, Menganti, Sujud juga aktif mengikuti berbagai pameran. “Untuk pameran saya bawa barang sesuai lokasi. Seperti saat di Sidoarjo bawa kerajinan kaca berbentuk udang dan bandeng,” ujar pria yang sudah memulai usaha Sujudkraft hampir 2 tahun.

Harganya yang bisa dijangkau semua kalangan, dinilainya sebagai salah satu daya tarik tersendiri kerajinan tangan yang satu ini. Harga jualnya mulai Rp15.000,00 untuk ukuran kecil hingga Rp4.000.000,00 untuk yang berukuran besar. Motif yang khas dengan jumlah terbatas juga menjadi daya tarik tersendiri dari produk kerajinan ini.

Source http://gresiknews.co http://gresiknews.co/2016/06/sujudcraft-kenalkan-kerajinan-damar-kurung-berbahan-kaca/
Comments
Loading...