Kerajinan Dari Bahan Limbah Jagung Bogor

0 289

Kerajinan Bahan Bonggol Jagung

Di tangan salah satu warga di wilayah Kedung Halang, Kota Bogor, Jawa BaratEddie, mengolah limbah bonggol jagung yang biasanya dibuang menjadi berbagai macam kerajinan cantik yang memiliki nilai jual tinggi.

Memiliki latar belakang sebagai pengrajin aneka kerajinan kayu, mendorong Eddie untuk terus berinovasi mengubah bonggol jagung menjadi berbagai macam hiasan seperti lampu hias, kap lampu, sketsel, tatakan gelas, tempat tisu, anyaman tas, serta masih banyak lagi produk unik lainnya.

Dengan kreatifitas yang cukup tinggi, tidaklah heran bila harga produk kerajinan Eddie laku di pasaran dengan harga cukup mahal. Yaitu berkisar antara Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 3.000.000,00, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan masing-masing produk. Eddie berharap bahwa kerajinan bonggol jagungnya bisa lebih mendunia lagi dan mampu bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri.

Cara Pembuatan Kerajinan Bahan Bonggol Jagung

Bonggol jagung tersebut pertama-tama dibersihkan terlebih dahulu kemudian dikeringkan. Setelah kering, Eddie menambahkan bahan pengawet khusus agar bahan bonggol jagung dapat bertahan lama.

Selanjutnya setelah bonggol jagung ditambahkan bahan pengawet, Eddie membentuk bonggol jagung menjadi lingkaran-lingkaran kecil dengan bantuan cetakan atau krom yang biasa digunakan sebagai cetakan kayu. Setelah bonggol jagung dicetak menjadi lingkaran-lingkaran kecil dengan berbagai ukuran, Eddie mulai menyusun lingkaran tersebut pada kreasi kerajinan yang telah dibentuknya, dengan menggunakan bantuan lem. Meskipun proses produksi kerajinan Eddie masih terbilang manual, namun hasilnya pun tidak kalah bagus dengan produk kerajinan buatan pabrik yang diproduksi dengan mesin-mesin modern.

Source Kerajinan Dari Bahan Limbah Jagung Kerajinan Dari Bahan Limbah Jagung
Comments
Loading...