Kerajinan Dari Kulit Bawang Memperingati Hari Pangan Dunia Di Surabaya

0 160

Kerajinan Dari Kulit Bawang Memperingati Hari Pangan Dunia Di Surabaya

Banyak cara unik dapat dilakukan untuk memperingati perayaan Hari Pangan Sedunia. Seperti yang dilakukan puluhan ibu-ibu separuh baya ini dengan telaten membuat bunga dari bahan kulit bawang putih, di Hotel Mercure, yang beralamat di Jl. Raya Darmo No.68-78, DR. Soetomo, Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur.

Mereka mengangkat tentang Reuse Reduce dan Recycle. Dimana menggunakan kembali sisa bahan makanan dengan tujuan mereduce atau mengurangi sampahakanan yang berlebihan dan mengolah kembali atau mendaur ulang sampah makanan. Kulit bawang putih menjadi salah satu pilihan bahan yang akan diolah menjadi setangkai bunga bak mawar.

Triana, perajin kulit bawang, wanita paruh baya berusia 72 tahun ini terlihat sangat telaten untuk mengupas setiap lembar kulit bawang putih untuk ditempel di batang bawang.

Menurutnya proses pembuatan dan bahanya ini tidak terlalu sulit, namun peralatan di tempat ini minim jadi setiap pembuatan hasilnya tidak maksimal. Ia mencoba membuat bunga tulip dari bahan kulit dan batang bawang putih.

“Saya sedikit kesusahan menempelkan lembaran kulit bawang putih ketangkai, lemnya belepotan gimana lagi alatnya seadanya saja mungkin nanti kalo dirumah saya bisa mengerjakan lebih bagus dan saya pasti akan coba, “ungkap Triana.

Lebih lanjut dikatakan Triana ini dihari pangan ini memang seharusnya bisa membuat sebuah karya kreatif seperti ini dari bahan olahan makanan, pasalnya setiap hari ia bersama rekan-rekannya mengisi kegiatan membuat aksesoris seperti ini namun berbahan dasar sedotan, atau kain flannel.

Source http://m.beritajatim.com http://m.beritajatim.com/gaya_hidup/310868/kerajinan_bunga_dari_kulit_bawang_di_hari_pangan_dunia.html
Comments
Loading...