Kerajinan Dari Limbah Onderdil Di Jakarta

0 154

Kerajinan Dari Limbah Onderdil Di Jakarta

Otobursa Tumplek Blek 2018 memang tempatnya barang-barang unik. Coba saja datang ke lapak tenda no. 115, dekat panggung utama Lapak No. 115, tempat kerajinan tangan unik dari onderdil bekas

Ada kerajinan tangan yang terbuat dari onderdil motor dan mobil bekas pakai. Fahmi atau yang akrab disapa Fay, mengatakan, kerajinan tersebut dimulai dari hobi. Bersama rekannya, Deni, ia gemar mengoleksi onderdil bekas lalu disulap menjadi karya seni bernilai jual.

“Saya bantu berikan Ide, lalu Deni mengeksekusinya menjadi barang-barang yang ada di sini,” ungkap Fay.

Onderdil kendaraan dikombinasikan dengan mesin jahit, berubah wujud menjadi traktor mini “Onderdil bekasnya kami kumpulkan dari bengkel-bengkel yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Paling jauh dari Madura, karena kualitasnya bagus,” lanjutnya.

Kegiatan sehari-hari Fay dan Deni yang berkaitan dengan las, mengilhami mereka untuk mengolah limbah menjadi karya seni. “Sehari-hari kami ngelas. Muncul ide, kenapa enggak kita olah limbah biar punya nilai seni dan nilai jual,” ujarnya.

Di lapaknya, kerajinan-kerajinan tersebut dibanderol Rp 500 ribu hingga Rp 5 jutaan.

“Lampu yang berbentuk motor kecil itu Rp 500 ribuan. Yang termahal, set meja, Rp 5 jutaan,” kata Fay.

1 set meja dari onderdil bekas, butuh waktu seminggu untuk menyulapnya “Banderol harga kami tentukan dari tingkat kesulitan dan kualitas onderdil yang digunakan,” sambungnya.

Selain di pameran serupa Otobursa Tumplek Blek 2018, mereka tidak menjual karya seni ini.

“Kalau ada pameran saja kami jual. Enggak bisa beli online,” terang Fay. “Datang langsung saja ke workshop kami di Tebet Persojo, Jakarta Selatan. Atau nelepon dulu deh ke 081317004546,” tutup Fay.

Source https://www.gridoto.com https://www.gridoto.com/read/01260199/berawal-dari-hobi-fay-dan-deni-sulap-limbah-onderdil-jadi-kerajinan-tangan#!%2Fmobil%2Fengine%2Foli%2Fastra-shell-helix-10w-30-1l%2F
Comments
Loading...