Kerajinan Daun Kering Ciri Khas Surabaya

0 228

Kerajinan Daun Kering Ciri Khas Surabaya

Daun kering jika diolah dengan metode tertentu ternyata dapat menjadi kerajinan yang menarik. Untuk itu, Nanik Heri mendirikan Bengkel Kriya yang khusus membuat kerajinan daun kering.

Untuk membuat kerajinan ini, pertama daun direbus kemudian dibilas. Pengeringannya melalui penyetrikaan. Media kerajinan tersebut, dibuat dari karton kemudian dilem. Terakhir adalah menempel daun berdasarkan gradasi warna.

Nanik mengaku senang dengan usahanya ini karena selain menambah koleksi juga yang penting adalah bisa membuka peluang kerja. Hal ini diakui Ida Yuliasih, salah satu karyawan. “Kebanggan saya di sini selain bisa berkarya juga dapat membantu perekonomian keluarga,” kata Ida.

Nanik menjelaskan, selain mempunyai nilai artistik, kerajinan ini bisa bermanfaat untuk lukisan, souvenir, dan interior. Produk usaha yang dikerjakan Nanik ini, kini sudah merambah ke mancanegara, di antaranya Jerman, Prancis, Inggris, Belanda, dan Australia. Bahkan ke Inggris kerjasamanya sudah menginjak tahun ke tujuh. Produk yang dikirim ke negara itu, adalah tempat penyimpanan abu jenazah karena yang pesan adalah pengusaha peti mati. “Ini karena kami selalu menjaga kualitas dan mutu,” ujar Nanik.

Usaha yang dilakoni Nanik ini sudah berjalan selama 16 tahun. Kunci keberhasilan Bengkel Kriya hingga bertahan lama adalah menjaga kualitas sehingga para pelanggan merasa puas. “Kalau pelanggan puas dimanapun kita pasti akan dicari,” kata Nanik yang bercita-cita suatu saat ingin punya galeri sendiri, dan produknya jadi ciri khas kota Surabaya, Jawa Timur.

Source http://tetapadapeluang.blogspot.com http://tetapadapeluang.blogspot.com/2011/11/nanik-heri-sulap-daun-kering-jadi-laba.html
Comments
Loading...