Kerajinan Daun Pakis Di Kota Batu

0 293

Kerajinan Daun Pakis Di Kota Batu

Bagi orang yang suka mendekorasi rumahnya dengan tanaman hias pasti tak asing dengan daun pakis atau leather leaf. Tanaman yang masuk kelompok tumbuhan paku ini memang dikenal sebagai tanaman hias untuk dekorasi ruangan dan pelengkap karangan bunga.

Sebagai tanaman hias, permintaan leather leaf tinggi di pasaran. Tak heran, sekarang banyak orang tertarik mengembangkannya. Salah satunya adalah Luki Budiarti, pemilik CV Arjuna Flora di Batu, Jawa Timur. 

Luki sudah membudidayakan  leather leaf sejak tahun 2001 silam. Menurutnya, tanaman ini merupakan tanaman tropis yang memiliki nilai ekonomi. Ia membudidayakan leather leaf di lahan 3.000 meter persegi (m²). “Tanaman ini bisa dibudidayakan secara produktif selama 10 tahun lamanya,” kata Luki.

Menurut Luki, leather leaf sudah bisa dipanen setelah usia satu tahun. Sejak panen pertama itu, leather leaf bisa terus dipanen secara bergantian sesuai ukuran daun, mulai yang kecil, sedang atau besar. Menurutnya, rata-rata leather leaf bisa panen hingga 10.000 tangkai per bulan.

Harga daun pakis ini tergantung ukuran. Untuk daun ukuran kecil dihargai Rp 7.500 per 10 tangkai, ukuran sedang Rp 9.000 per 10 tangkai, dan ukuran besar Rp 10.000 per 10 tangkai. Dengan kisaran harga itu ia bisa mengantongi omzet Rp 6 juta-Rp 9 juta perbulan. Ada pun laba bersihnya 20% dari omzet. Luki mengaku, kerap mendapat pesanan dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Bali, Jawa Tengah, Jakarta, Manado, Kalimantan, dan lainnya.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/merangkai-laba-indah-dari-helaian-daun-pakis
Comments
Loading...