Kerajinan Daun Pandan Karya Dharma Wanita Di Asahan, Sumatera Utara

0 234

Kerajinan Daun Pandan Karya Dharma Wanita Di Asahan

Daun Pandan merupakan salah satu tumbuhan yang banyak terdapat di Indonesia, termasuk Kabupaten Asahan. Pada umumnya, daun beraroma khas itu dimanfaatkan masyarakat sebagai bumbu masakan maupun kue. Namun, ditangan Dharma Wanita Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, tumbuhan dengan nama latin Pandanus itu dapat dikreasikan menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi, seperti dompet tas dan barang barang lainnya.

Kreasi daun pandan tersebut dihasilkan para anggota Dharma Wanita Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Asahan di Kisaran. Ketua Dharma Wanita Dinas Kominfo Ny. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar menjelaskan, sebelum dikreasikan menjadi barang jadi, daun pandan dikeringkan terlebih dahulu melalui beberapa proses untuk dibentuk seperti pita.

Kemudian, daun pandan yang telah berbentuk pita itu dianyam sedemikian rupa, sesuai dengan bentuk barang yang diinginkan. “Jadi, daun pandan dianyam mengikuti pola yang sudah dibentuk sebelumnya, dan dipadukan dengan bahan bahan lainnya, seperti kertas, tisu dan lainnya”, katanya.

Jika dikreasikan dengan baik, kata Nurasyah, daun pandan tersebut bisa menghasilkan kerajinan seni yang unik dan menarik, tanpa meninggalkan nilai estetik daun pandan tersebut.

Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, hasil kerajinan tangan itu dapat dijadikan sebagai barang dagangan untuk dijual kepada masyarakat. “Jadi selain bermanfaat untuk diri sendiri, hasil kerajinan juga dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga”, tuturnya.

Sebagai organisasi wanita bernggotakan istri PNS, menurut Nurasyah, pihaknya terus melakukan pembinaan guna pengembangan diri yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Source https://www.tobasatu.com https://www.tobasatu.com/2017/08/24/dharma-wanita-kominfo-asahan-kreasikan-daun-pandan-jadi-barang-unik-dan-menarik/
Comments
Loading...