Kerajinan Daun Siwalan Di Madura

0 304

Kerajinan Daun Siwalan Di Madura

Desa Prenduan merupakan desa yang relatif gersang dibandingkan dengan desa lain di Kabupaten Sumenep Madura. Hampir tidak ada sumber air yang mengalir dan pohon besar yang tumbuh kecuali hamparan pohon siwalan yang berseret-deret di sepanjang galangan petak pertanian. Borassus flaberllifer atau lebih dikenal dengan tumbuhan lontar tumbuh di daerah tanah tandus dan beriklim tropis yang telah berlangsung ratusan tahun di desa ini.  Pohon lontar hampir seperti pohon kelapa.
Hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kegunaan aktivitas kehidupan masyarakat. Hal yang utama adalah hasil niranya berupa gula siwalan, buahnya yang lembut kenyal bening seperti kolang-kaling. Daunnya banyak dipergunakan sebagai bahan kerajinan tangan baik berupa mainan ataupun alat-alat rumah tangga seperti keranjang dan timba. Sayang sekali kerajinan berbahan dasar daun lontar sudah tidak banyak lagi ditemukan. Padahal kerajinan seperti ini merupakan kerajinan khas yang jarang dimiliki oleh pengrajin di daerah lain. Dari segi ekonomi kerajinan tangan berbahan daun lontar memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

 

Beberapa hasil kerajinan yang dapat dikembangkan seperti mainan anak dan alat-alat rumah tangga dapat terus dieksplorasi dan dihasilkan produk-produk baru yang lebih kreatif. Jadi ingat masa kecil. Berangkat sekolah sambil narik mobil mainan daun lontar dan diatasnya ditaruh buku pelajaran.

Source https://banigemma.blogspot.com https://banigemma.blogspot.com/search?q=kerajinan
Comments
Loading...