Kerajinan Daur Ulang Barang Bekas Di Batam

0 158

Kerajinan Daur Ulang Barang Bekas Di Batam

Punya barang-barang bekas atau barang-barang yang sudah tak dipakai lagi jangan buru-buru dibuang. Dengan sedikit kreatifitas, barang-barang tersebut bisa disulap jadi aneka barang baru yang tentu saja bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan Lenzo Purba. Cowok ini sedang berusaha mengelola sampah plastik yang sudah tidak terpakai menjadi barang berguna. Seperti tas, dompet, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sampah plastik yang bisa menjadi barang yang berguna tetapi juga bisa menggunakan bahan limbah lainnya. Limbah kerang yang ada di pantai-pantai, misalnya. Batam Rumah Kreatif adalah satu di antara yang tertarik mengolah barang limbah menjadi benda yang bernilai ekonomis.

Hj Elviana R Anie Bsc dari Batam Rumah Kreatif mengungkapkan, selama ini Batam Rumah Kreatif mengelola limbah kerang menjadi berbagai macam hal. Terutama aksesoris dan bisa barang-barang lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Bunga, pengrajin berbahan flanel ini tengah mencoba membuat sesuatu dari flanel dan menambahkan dengan kardus bekas sebagai bahan dasarnya.

Untuk membuat aksesoris dari kerang tentu hal yang perlu disiapkan adalah kerang-kerangnya. Tidak hanya moluska atau gongong saja tetapi kamu bisa menggunakan jenis kerang lainnya. Seperti kerang lala, kerang dara, dan sebagainya. Tergantung kebutuhan.

Kerang lala perlu mengalami perendaman semalaman agar terlihat putih bersih. Kamu bisa menggunakan sabun cuci atau pemutih untuk menghilangkan bau amis. Dibantu juga dengan disikat agar semakin bersih.

Bunga rose dari kerang lala, bisa di jadikan bros, bagian dari tempelan hiasan dinding, bingkai foto, bingkai cermin, atau menjadi pajangan di meja tamu atau lainnya. Dari kerang lainnya juga bisa dibuat menjadi kalung, anting-anting, gelang, bros baju, atau aksesoris untuk rambut dengan bahan keranglainnya.

Segala hal yang berhubungan dengan home made tentu berkesan, apalagi jika yang dihasilkan menjadi suatu ciri khas daerah kita. Karena bahan yang digunakan sesuai dengan apa yang ada di daerah masing-masing

Source http://batam.tribunnews.com http://batam.tribunnews.com/2018/04/08/barang-bekas-jangan-dibuang-kita-olah-yuk-biar-jadi-berkah?page=2
Comments
Loading...