Kerajinan Daur Ulang Botol Bekas Karya Siswa MIN Di Kediri

0 274

Kerajinan Daur Ulang Botol Bekas Karya Siswa MIN Di Kediri

Sebagian besar orang, botol plastik air mineral dibuang begitu saja tanpa guna. Namun berbeda dengan kreasi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Doko Desa Doko Kecamatan Gampengrejo ini. Dengan bimbingan guru,mereka memanfaatkan bekas botol plastik air mineral untuk berbagai bentuk kreasi.

Hal ini berawal karena banyaknya botol plastik di tempat sampah yang ada di MIN Doko. Kalau dibiarkan, botol-botol tersebut akan menimbulkan jentik nyamuk dan membahayakan siswa karena kemungkinan adanya demam berdarah.

Drs Ahmad Sururi Kepala MIN Doko selanjutnya mengajak guru dan murid untuk membuat beragam kreasi. Beragam jenis botol mineral bekas dikumpulkan setiap Jumat hingga terkumpul ribuan jumlahnya. Langkah selanjutnya dibentuk kreasi beragam sesuai pola yang sudah disusun.

“Ada yang membentuk pola onta dengan tinggi 2 meter dan panjang 2,30 meter. Sementara untuk pohon palem berdiameter 1 meter dengan tinggi 2,5 meter lengkap dengan dedaunannya. Sedangkan botol jumbo kita pecah persegi empat dan kita beri tanaman bunga. Untuk kreasi lainnya, baju gaun warna perak hingga panjang dua meter bahannya dari botol bekas mineral,” ungkap Ahmad Sururi.

Untuk sisanya, lanjut Ahmad, dibuang lingkaran berdiameter sepuluh centi meter dan dibuat berangkai. Sisa bekas botol mineral ini dirangkai dan dipasang di depan teras sekolah berdekatan dengan taman hias tergantung dan taman hias di depan teras ruang kelas. Kreasi siswa ini akan terus dikembangkan dan mendaur ulang barang bekas bisa bermanfaat.

Nur Azizah Spd guru MIN Doko menjelaskan, pihaknya menyambut gembira bisa berkreasi dengan anak didiknya yang cepat tanggap dan tidak mengeluh. Yang utama terus mengajari mereka untuk berkreasi dan berinovasi usai jam pelajaran sekolah dan mengajak mereka terus berdiskusi agar tidak bosan.

“Karena dengan ketelatenan dan seperti ibu kepada anaknya inilah akhirnya kreasi kami ini bisa selesai dalam waktu dua bulan. Nyatanya banyak orang yang datang memuji kreasi murid dan guru MIN Doko ini. Kami akan berkreasi lagi dengan materi yang lain,” katanya.

Sementara Dewi siswa klas VI MIN Doko mengaku lebih bisa menunjukkan ekpresinya bersama guru dan teman-temanya. Diakuinya butuh waktu lama untuk menciptakan karya. Namun senangnya ketika semuanya bisa dilakukan dengan baik. “Bisa saya pakai meski agak berat. Namun senang bisa memakai karya sendiri,” ujarnya.

Source http://koranmemo.com http://koranmemo.com/memanfaat-botol-plastik-air-mineral-untuk-kerajinan-tangan/
Comments
Loading...