Kerajinan Daur Ulang Di Kota Karang

0 54

Kerajinan Daur Ulang Di Kota Karang

Bank sampah yang beralamat di Jalan Teluk Bone, Cungkeng, Kota Karang, Kota Bandar Lampung mengoolah sampah rumah tangga menjadi berbagai pera latan rumah tangga yang bernilai ekonomi.

Hal itu dilakukan oleh pengurus bank sampah di Jalan Teluk Bone, Cungkeng, Kota Karang, Bandar Lampung dengan mengolah sampah rumah tangga menjadi seperti tas, dompet, tempat sendok, tempat tisu dan lain sebagainya.

“Selain dijual langsung, sampah rumah tangga yang ditabung oleh para nasabah juga di olah menjadi kerajinan tangan seperti wadah tisu, wadah gelas, dampet, tas dan lain-lain,” kata Nur Faidah, bendahara bank sampah.

Dia menjelaskan, sampah yang dikumpul oleh para nasabah, dipilah dan dipilih. Selain di jual langsung juga diolah menjadi kerajinan tangan dan bernilai ekonomi, sebagai nilai tambah dari bank sampah.

“Jadi sesuai dengan kesepakatan, uang tidak bisa diambil langsung oleh para nasabah,  hanya untuk kebutuhan anak sekolah atau pada hari raya baru uangnya bisa dicairkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sejauh ini sudah banyak ibu rumah tangga yang menjadi nasabah bank sampah yang di kelola kader PKK di Cungkeng, Kota Karang, Bandar Lampung.

“Sampai saat ini, baru 67 nasabah yang tercacat. Harapa kedepan nasabah semakin banyak, sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Dia menambahkan kedepan, bank sampah, berencana selain. Membuat kerajinan tangan sampah dari sampah rumah tangga, juga akan dibuat menjadi pupuk organik,  dan nantinya bisa dipasarkan.

“Sebetulnya, bank sampah sudah punya alat pencacah sampah organik. Namun kita belum bisa mengoperasikannya,  sehingga butuh tenaga ahli supaya mesin yang ada bisa di fungsikan,” ujarnya.

Source http://www.lampost.co http://www.lampost.co/berita-bank-sampah-olah-sampah-rumah-tangga-jadi-kerajinan-tangan-bernilai-ekonomi.html
Comments
Loading...