kerajinan Daur Ulang Karya Napi Di Manokwari

0 201

kerajinan Daur Ulang Karya Napi Di Manokwari

Berbagai jenis barang bekas yang tidak terpakai, berhasil disulap warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari, menjadi barang bernilai ekonomis tinggi. Diantaranya, lampu hias berbahan mesin air bekas dan tabung pemadan kebakaran atau apar bekas, hiasan meja berbentuk sepeda motor hias, tempat tisu, dan rumah kaki seribu berbahan korban bekas, pot berbahan pasir dan semen, serta bunga hias berbahan botol plastic.

Selaku Pembina, Kalapas Kelas IIB Manokwari, Yosef Yembise mengungkapkan sertiap masusia pasti memiliki pitensi dan talenta yang diberikan oleh Tuhan, termasuk warga binaan Lapas Kelas IIB Manokwari. “Karya yang mereka cipatakan saat ini itu bakat mereka yang terpendam, yang kita kemas dalam sebuah program pembinaan di Lapas untuk mengasah kemampuan yang mereka miliki,” ungkap Yosef Yembise.

Lanjut dia, meski program ini baru dimulai, tetapi dirinya melihat ada semangat perubahan dalam diri yang ditunjukan warga binaan untuk meninggalkan masa lalu yang suram dan penuh kepahitan. Bahkan, dirinya pun bertekat mengembangkan Lapas Kelas IIB Manokwari menjadi Lapas industri yang mampu mengembangkan dan memproduksi berbagai jenis kerajinan bernilai ekonomis tinggi.

Pada kesempatan itu, Yembise menceritakan, semua karya seni yang diciptakan lahir dari dorongan diri sendiri setiap warga binaan dengan memanfaatkan berbagai barang bekas tidak terpakai yang ditemukan di gudang maupun di tempat sampah.

Dia mengaku, untuk sementara semua kerajinan itu, masih dipasarkan sebatas lingkungan Lapas Kelas IIB Manokwari, namun dirinya mengharapkan bantuan lembaga kerajinan terkait atau pemerintah daerah (Pemda) untuk menggelar pameran kesenian sebagai bentuk promosi.

“Ini karya mereka yang harus kita junjung, kalau bisa, saran saya pemda siapkan ruang dan tempat untuk menyalurkan bakat seni setiap orang, baik untuk masyarakat umum, kelompok kerajinan atau warga binaan,” harap Yembise.

Source https://www.pasificpos.com https://www.pasificpos.com/item/24202-sulap-barang-bekas-jadi-hiasan-ini-karya-warga-binaan-lapas-manokwari
Comments
Loading...