Kerajinan Daur Ulang Kertas Bekas Karya Siswa SD Di Jambi

0 201

Kerajinan Daur Ulang Kertas Bekas Karya Siswa SD Di Jambi

Pemanfaatan internet secara tepat, selalu membawa efek ke hal yang positif. Bahkan bisa membuat pengguna internet mendapatkan banyak ilmu. Demikian juga yang dialami Indri, Kristiani, Anggi, Dea, dan Dita. Kelimanya siswa kelas VI SDN 49 Jambi Timur, mereka mampu menyulap kertas bekas menjadi beragam kerajinan, bahkan menjadi kanvas.
“Kami tidak diajari siapa-siapa, kami hanya melihat dari internet, selanjutnya kami coba dan jadilah hasil karya dengan bahan dasar kertas bekas,” kata Indri.
Proses pembuatan kertas bekas menjadi kanvas ataupun barang lainnya ini, tidaklah terlalu sulit. “Awalnya kertas dirobek kecil-kecil dan direndam dalam air selama 24 jam, selanjutnya diremas-remas hingga benar-benar hancur, bisa juga diblender, agar lebih maksimal hasilnya,” lanjutnya.
Selanjutnya, bubur kertas dicampur dengan lem dan diratakan di atas layar (screen), selanjutnya dipres dan dikeringkan. “Selain digunakan untuk media gambar atau kanvas, juga bisa dijadikan hiasan dinding,” ujarnya.
Selain ini, siswa-siswa ini juga mencoba memanfaatkan botol-botol plastik menjadi sapu halaman. “Sapu itu bisa digunakan untuk menyapu halaman, hasilnya juga bisa maksimal karena kerikil juga bisa ikut tersapu,” jelasnya.
Dari hasil karya yang dibuat siswa ini, SDN 49 ini mampu menyabet juara I dalam perlombaan Adiwiyata, selain tingkat Kota, dalam waktu dekat juga akan mengikuti perlombaan dari tingkat nasional.
Hasil karya kelima siswa ini juga mendapatkan tanggapan positif dari Sekda Kota Jambi, Daru Pratomo. “Apa yang berhasil dibuat siswa-siswa itu bisa menjadi benda yang memiliki nilai ekonomis tinggi, terutama jika mendapat dukungan dari banyak pihak,” katanya.
Source http://jambi.tribunnews.com http://jambi.tribunnews.com/2013/06/18/lima-siswa-sd-di-jambi-sulap-kertas-bekas-jadi-bahan-kerajinan
Comments
Loading...