Kerajinan Daur Ulang Limbah Karya Siswa Di Cilegon

0 262

Kerajinan Daur Ulang Limbah Karya Siswa Di Cilegon

Siswa di kota Cilegon berhasil “menyulap” sampah menjadi kerajinan tangan menarik dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. “Kegiatan untuk memperingati hari lingkungan hidup ini dikuti sejumlah siswa sekota Cilegon dari tingkat SD sampai SMA,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Cilegon Epud Saepudin di Cilegon.

Para siswa diminta mengerahkan ide dan kreativitas untuk mengubah barang-barang yang sudah tidak terpakai berbahan kertas dan plastik menjadi hiasan yang menarik untuk ditempatkan di rumah, kantor atau sekolah. Salah seorang siswa kelas VI SD, Jian, berhasil membuat kerajinan tangan berupa miniatur alun-alun Banten dan Landmark kota Cilegon.

“Cukup mudah, hanya membutuhkan waktu belajar selama seminggu untuk memanfaatkan limbah yang tidak terpakai,” ujar Jian.

Epud Saepudin lebih jauh mengatakan upaya meminimalisir pencemaran lingkungan akibat sampah di wilayah Cilegon akan terus digalakkan di tengah masyarakat, salah satunya dengan mendirikan bank sampah serta pembinaan agar bisa diterapkan di sekolah-sekolah.

Terlebih menurut Epud, kegiatan tersebut dapat menularkan kreativitas di kalangan siswa dalam rangka meminimalisir pembuangan sampah yang jumlahnya sangat banyak di kota Cilegon.

“Kita selalu mengupayakan agar sampah tidak terbuang sia-sia karena di dalamnya masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk daur ulang. Kita berharap sekolah menjadi pelopor penggerak penularan kreativitas pengolahan sampah yang lebih efektif, menjadi seni kreasi ‘handicraft’ yang bisa punya nilai ekonomi,” jelas Epud.

Source http://www.netralnews.com http://www.netralnews.com/news/pendidikan/read/22407/tangan.kreatif.siswa.cilegon..ubah.sampa
Comments
Loading...