Kerajinan Daur Ulang Paralon Karya Mantan TKI Di Ngawi

0 167

Kerajinan Daur Ulang Paralon Karya Mantan TKI Di Ngawi

Melalui  tangan terampil, mantan Tenaga Kerja Indonesia asal kabupaten Ngawi, pipa paralon bekas, di olah menjadi berbagai macam kerajinan unik. Mulai dari lampu hias, tempat tisu, vas bunga, hingga jam dinding, semua terbuat dari paralon bakar. Selain laku di pasaran lokal, kerajinan tersebut bisa terjual hingga ke mancanegara.

Di tangan Alek Danung Tamtomo, warga desa kecamatan Widodaren Ngawi ini, pipa paralon bekas mampu di olah menjadi berbagai macam kerajinan  unik. Mulai dari lampu hias, tempat tisu, vas bunga, hingga jam dinding, semua terbuat dari paralon bakar. Selain bentuk, dan teksturnya yang antik, suvenir itu juga di lengkapi lampu warna. Souvenir tersebut di jual mulai harga 100 ribu, hingga 450 ribu rupiah. Ketrampilan menyulap pipa paralon bekas tersebut di tekuninya semenjak pulang dari Taiwan, satu tahun yang lalu.

Selama bekerja menjadi TKI, dirinya selalu di suguhkan banyaknya pipa paralon bekas, yang sulit di olah karena jenisnya. Jenis pipa baru di temukannya, setelah pulang ke kampung halamannya di ngawi. Dan mulai saat itulah dirinya memutuskan untuk tidak kembali ke taiwan. Di bantu seorang rekan kerjanya, Alek membakar pipa untuk mengeluarkan teksturnya. Setelah itu baru di bentuk sesuai dengan keinginannya. Agar nampak indah, sovenir itu di lukis sesuai dengan permintaan, dengan menggunakan alat, atau mesin. Baru souvenir di pasang lampu warna agar lukisan itu muncul saat di nyalakan.

Kini karya bapak satu orang anak itu laku terjual hingga ke mancanegara, seperti hongkong dan taiwan.

Usaha ini, seringkali terkendala bahan baku, karena ketersediaan pipa paralon bekas terbatas. Jika banyak pesanan, terpaksa mengeluarakan dana lebih untuk belanja di toko bangunan. Satu pipa paralon bisa di buat menjadi 3 sampai 4 suvenir. Untuk membantu pemasaran, alek juga menggunakan sosial media karena lebih mudah. Ke depan Alek akan membuat perlengkapan rumah tangga, seperti bupet, almari yang terbuat dari paralon bekas.

Source https://jtvmadiun.com https://jtvmadiun.com/2017/11/28/mantan-tki-ubah-limbah-paralon-menjadi-kerajinan/
Comments
Loading...