Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Salatiga

0 238

Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Salatiga

Pemanfaatan sampah menjadi bahan daur ulang/recycle semakin hari semakin menjadi tren. Selain berkontribusi mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah, pemanfaatan sampah menjadi bahan daur ulang juga bisa mendatangkan pendapatan dan keuntungan baru. Peluang ini mulai ditangkap sebagai salah satu jenis bisnis baru.

Diantara bahan yang dijadikan produk daur ulang adalah kertas. Kertas bekas diolah kembali menjadi kertas daur ulang kemudian dijadikan bahan baku berbagai produk sebagaimana kertas pada umumnya. Yang membedakan adalah segmentasinya karena kertas recycle akan memiliki nilai lebih, yaitu kepedulian terhadap lingkungan dan kontribusi terhadap pengurangan pencemaran akibat kertas bekas.

Kertas daur ulang tersebut diaplikasikan pada beberapa hal untuk meningkatkan nilai seni dan harga jual. Diantaranya untuk dibuat sampul album, figura foto, pelapis vas bunga, sampul undangan, cover tas tangan dan lain sebagainya. Warna dan tekstur kertas bisa dibuat beberapa macam sehingga ada pilihan-pilihan menarik. Griya Kreatif, salah satu anggota klaster kerajinan di lingkup Fedep Tingkir, Kota Salatiga menjadikan kertas bekas yang selama ini menjadi sampah dibuat kertas daur ulang. Kertas daur ulang ini dibuat dari bahan kertas bekas, dibuat bubur kertas dan dicampur dengan beberapa bahan tambahan. Hasilnya adalah kertas daur ulang yang unik dan bernilai seni yang cukup bagus. Diantara yang mengusahakan kertas daur ulang ini adalah Joko dan Siti Masruroh. Keduanya anggota kelompok Griya Kreatif.

Kerajinan kertas daur ulang ini semakin memperkaya produk-produk dari bahan sampah dan yang didaur ulang. Sebelumnya sudah ada produk aneka tas dari bahan sachet bekas kopi cepat saji dan makanan instan. Selain itu ada produk-produk kerajinan dari bahan kayu bekas, serta dari bahan ban bekas. Kehadiran produk dari bahan kertas daur ulang ini menambah portofolio produk kerajinan dari bahan sampah yang didaur ulang menjadi produk-produk berkualitas.

Source Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Salatiga Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Salatiga
Comments
Loading...