Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Sumsel Expo

0 183

Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Sumsel Expo

Sumsel Expo 2018 digelar bertepatan dengan penyambutan Asian Games, di area Dekranasda 16-25 Agustus 2018. Sedikitnya 350 peserta dari UMKM, intansi pemerintahan, dan perusahaan dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian. Mulai dari produk makanan, minuman hingga kerajinan tangan.

Salah satu pesertanya adalah SCRUFT (Serasan Craft Reuse From Trash) yang merupakan program CSR PT Manambang Muara Enim. Di sana menjual produk dari hasil daur ulang sampah. Mulai dari sampah koran, plastik, hingga berbagai kaleng minuman.

Dama Ika Novita menjelaskan, pihaknya fokus pada pemanfaatan dan daur ulang sampah. Seperti koran, plastik, kain, kaleng, dan beberapa jenis sampah daur ulang lainnya.

Dia menerangkan, brand ini mulai dikenalkan sekitar Oktober 2017, tepatnya setelah PT Manambang Muara Enim memberikan pelatihan kepada kelompok ibu-ibu di Desa Darmo pada September 2017.

“Dari hasil pelatihan tersebut mulai terbentuk dengan sendirinya kelompok ibu-ibu yang concern terhadap kerajinan yang terbuat dari Koran, ” kata Dama

Dama melanjutkan, kerajinan berbahan dasar koran memang bukan yang pertama, namun di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, produk ini adalah satu hal yang baru dan belum pernah dibuat sebelumnya.

“Seiring perjalanannya, setiap pameran produk SCRUFT selalu menyita perhatian pengunjung baik di wilayah kecamatan maupun pameran tingkat Kabupaten Muara Enim. Selain menjadi sesuatu yang baru, diharapkan hal ini juga memiliki nilai ekonomi tersendiri bagi masyarakat,” ujar Dama.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/jpg-today/21/08/2018/sumsel-expo-scruft-tawarkan-produk-daur-ulang-sampah
Comments
Loading...