Kerajinan Daur Ulang sampah Karya Mahasiswa Unikama Di Malang

0 209

Kerajinan Daur Ulang sampah Karya Mahasiswa Unikama Di Malang

Minatur vespa kuno, pesawat tempur tipe F16, serta lokomotif kereta ternyata tidak hanya terbuat dari kayu saja. Kaleng minuman bersoda yang biasa dibuang di tempat sampah, juga bisa menjadi bahan dasar miniatur tersebut.

Inilah salah satu kreasi dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), dalam Pameran All Edu Care Aula Multikultural I, Gedung H Lantai III, Unikama. Salah seorang dari mereka mencoba membuat kerajinan miniature itu dengan bahan dasar sampah kaleng bersoda. Karya ini ada di stand khusus siswa kelas 2B yang mengambil mata kuliah Ketrampilan.

Menurut kordinator kelas 2B, Eka Cahyani butuh dua kaleng bersoda untuk membuat satu miniature sepeda ini. Dara berjilbab yang juga menjadi ketua panita kegiatan ini menambahkan karya tersebut dibuat selama hampir satu semester oleh 260 mahasiswa yang mengambil mata kuliah tadi.

Selain karya masih ada ratusan karya lagi yang dipamerkan dalam ajang bertajuk All Edu Care. Rupanya seperti topeng malang, Kolase Manik-manik, tas, lukisan, tempat lampu dan lainnya.

 “Total ada 260 mahasiswa yang ikut dalam pameran ini. Tiap orang membuat empat karya yang berbeda,” lanjutnya.

Empat karya itu adalah topeng berbahan Kalo (penyaring berbahan anyaman bamboo dan berbentuk bulat) yang dilapisi koran, cetakan silent, kolase yang menggunakan bahan payet atau tumbuhan, dan ekspresi bebas dari tiap mahasiswa.

Walaupun demikian, para mahasiswa ini membuat prakarya itu sebaik-baiknya. Ini disebabkan nilai mata kuliah tersebut diambil dari hasil karya yang mereka buat selama satu semester. Mereka tentu tidak ingin mendapat nilai jelek di mata kuliah ini.

Tambahlagi mereka adalah calon guru SD, sehingga dengan belajar membuat prakarya berbahan dasar sampah, maka ke depannya mereka akan bisa lebih mudah memanfaatkan sampah di sekitarnya.

Source http://suryamalang.tribunnews.com http://suryamalang.tribunnews.com/2014/12/16/inilah-kreasi-mahasiswa-malang-sampah-pun-jadi-kerajinan
Comments
Loading...