Kerajinan Daur Ulang Styrofoam Menjadi Batako

0 260

Kerajinan Daur Ulang Styrofoam Menjadi Batako

Seperti halnya sampah plastik, Styrofoam juga merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai di tanah. Meskipun menjadi musuh bagai lingkungan hidup, namun Styrofoam juga tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat. Limbah Styrofoam yang sering dianggap remeh oleh masyarakat ternyata di tangan warga kampung Sukunan, Banyuraden, Gamping, Yogyakarta, limbah tersebut bisa diubah menjadi bahan baku membuat batako yang ramah lingkungan sekaligus menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ide membuat batako dengan bahan baku styrofoam tersebut muncul bersamaan dengan program pengelolaan sampah oleh masyarakat. Karena sayang melihat sampah styrofoam dibuang, akhirnya Marzuki salah satu anggota Paguyuban Sukunan Bersemi memutuskan untuk menjadikan styrofoam sebagai bahan campuran untuk membuat batako ramah lingkungan.

Marzuki memutuskan untuk membuat batako ramah lingkungan dengan menggunakan limbah styrofoam ini karena pembuatannya sangat sederhana sehingga warga tidak perlu memiliki keahlian khusus, yang penting adalah takaran atau perbandingan bahan baku yang digunakan tepat dan sesuai. Material yang dibutuhkan adalah pasir, semen dan juga styrofoam yang telah dihancurkan dengan perbandingan 50 % Styrofoam, 40 % pasir dan 10 % semen.

Harga batako styrofoam yang ditawarkan pun bervariasi mulai dri Rp 2.000,00 sampai dengan Rp 5.000,00 per buahnya. Dikatakan juga oleh Surani bahwa harga batako ramah lingkungan ini memang lebih mahal dibandingkan dengan batako pada umumnya karena bahan campuran yang digunakan seperti pasir dan semen juga harganya mahal.

Source Kerajinan Daur Ulang Styrofoam Menjadi Batako bisnis ukm
Comments
Loading...