Kerajinan Daur Ulang TV Tabung Bekas Di Sidoarjo

0 212

Kerajinan Daur Ulang TV Tabung Bekas Di Sidoarjo

Kemajuan teknologi mendorong sebagian orang berlaku konsumtif tanpa diimbangi dengan pengetahuan akan dampak e-waste (sampah elektronik).

E-waste merupakan kumpulan barang-barang elektronik yang sudah rusak dan tidak terpakai. Diperlukan solusi cerdas dalam mengatasi masalah pengelolaan sampah elektronik itu.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) asal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang dipimpin Muhammad Adhim (Fakultas Teknik) mengubah e-waste menjadi kerajinan seperti furnitur, aksesori, dan lukisan. Melalui seni upcycle (eco art) ia bersama Abdul Jabbar (Fakultas Teknik), Saendy Fitma dan Nindia Intan Agustin (Fakultas Ekonomi & Bisnis) sukses menjalankan program itu.

Program itu berjalan sejak mereka dinyatakan lolos dan mendapat dana hibah dari Kemenristekdikti pada 23 April 2018. Sampai saat ini mereka masih giat memproduksi barang-barang itu sesuai dengan permintaan konsumen dan memasarkannya lewat media sosial.

Seni upcyle menambahkan dan mencampur bahan baru dengan bahan limbah elektronik, cat warna, serta beberapa bahan yang digunakan untuk memperindah tampilan kerajinan sehingga menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni dan nilai fungsi kembali. PKM itu mereka beri judul Pemanfaatan Limbah Elektronik Bekas (Perkakas).

Ide Perkakas diangkat karena mereka sering menjumpai limbah televisi, radio, CD, motherboard, kaset, dan lain-lain di lingkungan sekitar. Mereka berupaya memanfaatkannya dengan baik.

Cara mengolah limbah itu cukup mudah. Kap lampu dari motherboard bekas disusun menyerupai kubus, lalu direkatkan dengan lem tembak, serta beri lampu dan kabel untuk mengalirkan listrik. Nyala lampu yang dihasilkan menjadi menarik karena cahaya akan terpancar lewat dinding-dinding motherboard.

Limbah televisi bisa diubah menjadi rak buku yang dihiasi dengan kertas manila warna-warni sebagai background. Rak pun akan terlihat lebih unik.

“Saya berharap inovasi ini dapat dijalankan setiap orang karena jika sampah elektronik dibuang begitu saja malah akan mencemari lingkungan,” ujar Saendy Fitma.

Wiienneta Aulia
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
[email protected]

Source http://surabaya.tribunnews.com/2018/07/25/jangan-buang-tv-tabung-jadikan-rak-cantik http://surabaya.tribunnews.com/2018/07/25/jangan-buang-tv-tabung-jadikan-rak-cantik
Comments
Loading...