Kerajinan Dekor Di Jakarta

0 108

Kerajinan Dekor Di Jakarta

Keinginan Brian untuk menciptakan Mendekor, tentu bukan tanpa sebab. Awalnya, Brian yang bekerja di sebuah perusahaan konsultan interior design merasa kesulitan mencari referensi mengenai produk interior yang unik, guna menyelesaikan projeknya.

“Karena kita anak milenials, mencari apapun pastinya online ‘kan. Pada saat itu, saat saya coba cari produk yang pas untuk proyek-proyek interior saya, ternyata cukup sulit mencari produk yang sesuai dan unik secara online,” cerita Brian.

Alasan lain yang semakin menguatkan Brian untuk memulai bisnis dari Mendekor adalah keprihatinannya akan nasib para pengrajin lokal. Menurutnya, Indonesia memiliki banyak pengrajin dengan hasil karya yang patut dibanggakan, hanya saja kurangnya perhatian dan apresiasi membuat para pengrajin tersebut justru hidup kekurangan.

“Banyak dari mereka yang mulai tutup dan banyak dari mereka yang mengganggur. Karena memang ternyata pendapatan mereka dan demand dari masyarakat kita terhadap produk dekorasi lokal itu mulai menurun,” ujar Brian.

Menurut Brian, hal ini cukup ironis.Padahal pertumbuhan industri home living di Indonesia cukup bagus yakni hingga menyentuh angka 10-15%,namun justru banyak pengrajin lokal yang malah justru tidak berdaya.

Karena merasa ada gap inilah akhirnya Brian memutuskan untuk memulai bisnis lewat Mendekor. Selain menyediakan beragam produk interior unik, Brian turut menggandeng para pengrajin lokal dengan harapan mampu membantu meningkatkan taraf hidupnya.

Mendekor hadir dalam bentuk platform online dan juga showroom, yang menyajikan beragam produk furnitur dan dekorasi unik dengan harga terjangkau dan kualitas yang jempolan. Untuk mewujudkan moto ‘Menghias Ruang, Menata Hidup’, Brian menggandeng para pengrajin lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Moto kami adalah menghias ruang, menata hidup. Apabila customer membeli produk dari Mendekor, selain mereka bisa menghias ruangan mereka menjadi lebih baik, mereka juga sebetulnya membantu menata hidup pengrajin lokal,” jelas Brian.

Karenanya, semua produk dari Mendekor merupakan karya dari para pengrajin lokal yang telah memiliki keterampilan yang teruji di bidangnya. Sehingga dari segi kualitas tentu tak perlu lagi dipertanyakan.

“Sejauh ini kita bekerja dengan sekitar 26 supplier pengrajin asli Indonesia dan melibatkan lebih dari 130 pengrajin kecil dan sedang,” tutur Brian.

Selain menggandeng para pengrajin lokal, salah satu pekerjaan rumah yang ingin diselesaikan Brian dengan Mendekor adalah mindset masyarakat yang menganggap produk interior buatan Indonesia memiliki kualitas yang kurang baik.

Padahal menurutnya, produk buatan Indonesia begitu dihargai dan dicari-cari oleh pelanggan dari mancanegara. Namun masyarakat Indonesia justru masih begitu enggan menggunakan produk-produk buatan lokal.

Dengan meningkatnya minat untuk menggunakan produk buatan lokal, tentu akan berimbas kepada banyak hal. Mulai dari eksistensi produk lokal, pengakuan terhadap kualitas dari produk buatan lokal itu sendiri, hingga meningkatnya taraf hidup para pengrajin lokal.

Source https://www.blackxperience.com https://www.blackxperience.com/blackinnovation/blackicon/brian-karno-jan-wujudkan-dekorasi-idaman-nan-unik-lewat-mendekor
Comments
Loading...