Kerajinan Dekorasi Styrofoam Di Tangerang

0 288

Kerajinan Dekorasi Styrofoam Di Tangerang

Saat sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, Anda pasti kerap menjumpai dekorasi atau ukiran properti unik berbahan styrofoam dengan tema khusus. Misalnya dekorasi berbentuk naga raksasa, rumah sinterklas, karakter superhero, hingga setting suasana taman. Dekorasi semacam ini juga sering digunakan dalam pentas seni pertunjukan atau perayaan ulang tahun.

Lantaran banyak kegiatan yang membutuhkan dekorasi  dan properti styrofoam, bisnis bidang ini pun semakin populer di masyarakat. Maklum, fulus dari pembuatan dekorasi styrofoam terbilang cukup menggiurkan, dan pasarnya juga luas
.
Salah seorang pemain yang sudah cukup lama berkecimpung di usaha pembuatan dekorasi styrofoam adalah Rony Salam di Tangerang. Pemilik Pilar Advertising sudah menggeluti bisnis ini sejak 2009. Pria 36 tahun ini bercerita, dulu, usaha semacam ini tidak seramai sekarang. “Setelah ada acara pertunjukan Opera Van Java jadi lebih booming, banyak pemesanan,” tuturnya.

Rony mengaku, pernah menangani sejumlah pesanan untuk acara televisi, dekorasi ulang tahun, dekorasi mal, maupun launching produk. Mayoritas pesanan dari kawasan Jabodetabek. Sesekali, ada pula pesanan dari luar pulau, seperti Kalimantan.

Menurut Rony, kesulitan dari usaha ini, yaitu membuat properti yang detil dan semirip mungkin dengan aslinya. Apalagi, properti dengan bentuk tiga dimensi.


Properti terunik yang pernah dibuat Rony adalah setting panggung bertema gedung romawi kuno. Kala itu, ia harus membuat tiang-tiang besar dengan aneka patung romawi. “Pertama-tama, harus riset untuk ilustrasi. Saya juga minta gambar dan ukuran detil dari pemesan supaya tidak miskomunikasi,” tuturnya.

Untuk membuat properti semacam ini, ada tiga jenis styrofoam yang biasa dipakai, yakni styrofoam lembaran, batangan dan balokan. Styrofoam lembaran  biasanya digunakan untuk properti kecil dan tipis serta dua dimensi. Sementara, tipe balokan atau paling tebal dan padat isinya tepat untuk  membuat tiang-tiang, karena sifatnya yang kokoh.

Rony bilang, dia menghabiskan waktu sekitar dua minggu untuk merampungkan pesanan properti panggung semacam itu. Dia melibatkan empat pekerja. Namun, pengerjaan properti yang kecil, sederhana dan tidak terlalu banyak, hanya butuh waktu sekitar dua hari.

Dia mematok harga mulai dari Rp 200.000 untuk properti kecil berukuran maksimal 1 meter. Sementara, tarif untuk pembuatan satu set panggung mencapai Rp 54 juta. “Omzet saya rata-rata Rp 20 juta sebulan” ujar Rony.

Ongkos pembuatan dekorasi atau properti bakal lebih mahal jelang akhir tahun, yaitu saat Natal dan Tahun Baru. Wajar, pemesanan biasanya melonjak. Tak heran, Rony bisa mengantongi omzet berkisar Rp 100 juta hingga Rp 200 juta sebulan di bulan Desember dan Januari.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengukir-laba-dari-dekorasi-styrofoam
Comments
Loading...